Tips ACC Judul Penelitian (KTI, Skripsi, Thesis)


            Bagi mahasiswa yang mulai menyusun proposal penelitian, ACC judul merupakan capaian yang  LUAR BIASA akan tetapi apakah itu mudah? pasti jawabannya adalah sangat sulit, banyak revisi dll. Setiap hari yang dipikirkan adalah judul penelitian, jurnal, ACC dosen pembimbing dll. 

Setelah judulnya telah di ACC kadang tidak bisa melanjutkan proposal atau tidak sanggup menyelesaikan penelitian. Untuk menghindari hal-hal tersebut perlu direncanakan sebelumnya. 

Sebetulnya ada Tips berfikir cepat agar tidak terlalu dalam terjerumus dalam ketidakpastian dan ketidak PD an 😀. Menentukan judul bukan hal yang mudah bagi mahasiswa yang baru pertama kali akan menyusul proposal penelitian.

CONTOH CONTOH JUDUL PENELITIAN FARMASI CEKKK!!!!

Berikut akan saya sampaikan langkah-langkah untuk menyegarkan pikiran dari kebingungan menentukan judul penelitian.

Langkah Pertama (1) 

Kenali potensi diri sendiri, kira-kira lebih suka penelitian apa? eksperiment (laboratory) atau deskriptif (pengambilan sampel). Jangan memaksakan kehendak dan ikut-ikutan, ini penelitian bukan coba-coba seperti kuliner. Banyak mahasiswa yang kesulitan ditengah-tengah proses gara-gara tidak mampu menyelesaikan penelitiannya. 

Ingat konsep penelitian anda adalah penelitian pembaruan bukan pertama kali di Indonesia. Jangan bersikukuh penelitian anda yang terbaik buat penelitian sederhana, berkarakter dan ada perbedaannya dengan penelitian sebelumnya sudah cukup.

Contoh: penelitian yang mungkin mubazir ingin terlihat keren, seorang peneliti ingin mengetahui pengaruh pemberian buah pepaya terhadap warna kotoran sapi. Konsep ini bagus tapi kira-kira apa ada manfaatnya?.

TIPS LULUS MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR CEKK!!!

Langkah Kedua (2)

Fokus untuk mencari literatur baik pustaka primer dan skunder usahakan literatur penelitian dengan rentang waktu 5 tahun terakhir. Fokuskan pada 1 konsep penelitian. 

Contoh: Ingin membuat Formulasi Tablet

Langkah pertama yang dicari adalah tentang formulasi tablet --> dikerucutkan lagi apakah ingin meneliti tablet dari bahan alam atau bahan sintetis --> dikerucutkan lagi apa yang akan dikaji/ diteliti bab apa? apakah memperbaiki karakteristik zat aktif (pelajari BCS Class), Optimasi Formula (simplex lattic desain/ factorial desain dll) --> setelah dikerucutkan baru dicari jurnalnya. 

Untuk menambah referensi pustaka dalam penyusunan proposal   silahkan ditambah kata kunci Review pdf. Contoh: ketikkan kata kunci di google pada saat search dengan "disintegran tabet a review pdf". Jadi untuk mencari pustaka dan didalamnya bersumber rangkuman yang berkualitas silahkan ditmbah kata review.

CARA MENGETAHUI KUALITAS JURNAL NASIONAL DAN INTERNATIONAL CEK!!!

Sebetulnya untuk menambah pustaka sangat mudah, caranya adalah dengan kita mendownload jurnal terbaru misal tahun 2021, didalam jurnal kita cari daftar pustaka dari situ kita sdh punya referensi banyak jurnal. kalau kita punya 5 jurnal terbaru sudah banyak pustaka kita disaat menyusun proposal penelitian, sehingga kita tidak repot-repot cari lagi.

contoh pustaka dalam jurnal

Langkah Ketiga (3)

Jika masih kebingungan dengan langkah 1 & 2 silahkan buat tabel keaslian penelitian. Didalam tabel keaslian penelitian bisa dituliskan: No, Nama Peneliti, Tahun Penelitian, Judul Penelitian dan Hasil Penelitian

Dibawah tabel bisa ditulis: Rencana Judul Penelitian dan Uraian alasan memilih judul.

Fungsi dari membuat keaslian penelitian adalah agar kita mudah melacak penelitian yang sudah-sudah dikerjakan oleh peneliti lain. Dari keaslian penelitian muncul ide dan potensi yang bisa dikembangkan, sehingga kita tidak dianggap meniru penelitian yang sudah ada. Fungsi dari uraian alasan judul adalah mempermudah kita untuk menyusun latar belakang Bab I dalam proposal penelitian. 

Ingat bab I merupakan pondasi dan alasan kenapa kita meneliti judul ini. Jangan asal-asalan dalam menyusun Bab ini. Dosen penguji akan melihat kesiapan dan kematangan judul dan konsep penelitian anda pada BAB I. Judul penelitian, latar belakang penelitian dan rumusan masalah adalah satu kesatuan yang linier.

PRAKTIS MENCARI PUSTAKA DI INTERNET CEKK!!!

Langkah (4)

Langkah pamungkas 😀 jurus terakhir nih jika sobat etiket masih belum ada bayangan Judul  dan konsep penelitian apa yang akan dikerjakan. 

Cari jurnal, Sripsi ataupunThesis silahkan cari saran dari peneliti, biasanya didalam suatau penelitian ada saran. Saran biasanya berisi sebuah kelemahan atau kekurangan penelitian atau penelitian yang bisa dikembangkan selanjutnya

Dari saran peniliti kita bisa buat sebagai referensi, konsep penelitian yang bisa gunakan sebagai peluang besar judul penelitian.
 
Jangan lupa search di Google apakah saran peneliti yang sudah kita temukan sudah ada yang neliti, jika belum peluang besar judul yang kita ajukan ACC oleh dosen pembimbing. 
 
Setelah ACC judul tahap selanjutnya adalah pembimbingan penyusunan naskah dan selanjutnya sidang proposal, penelitian, yudisium WISUDA. Jalani dulu jangan lupa tetap konsultasi dengan dosen pembimbing.

Terimakasih telah membaca dengan cermat, smoga mendapatkan nilai yang maksimal 😀









 

 

 


Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi