Cara Mengetahui Kualitas Jurnal Nasional dan Internasional

Jurnal yang berkualitas

Pentingnya kualitas jurnal ketika kita akan menyusun suatu karya ilmiah. Jurnal ilmiah termasuk pustaka primer dalam penyusunan proposal penelitian. Di Indonesia kualitas jurnal telah dikelompokan menjadi 6 peringkat AKREDITASI. Peringkat akreditasi yang dimaksut adalah Sinta 1 (S1), Sinta 2 (S2), Sinta 3 (S3), Sinta 4 (S4), Sinta 5 (S5) dan Sinta 6 (S6). Jurnal yang harus memuat artikel dalam bentuk bahasa inggris adalah Sinta 1-3.

SINTA (Science and Technologi Index)

Fungsi SINTA adalah menilai kinerja jurnal berdasarkan standar akreditasi dan jumlah sitasi, dengan mengindeks seluruh jurnal nasional yang sudah diakreditasi oleh ARJUNA (Akreditasi Jurnal nasional)

 Bagaimana kita mengetahui kualitas Jurnal Nasional?

1. Masuk https://sinta.kemdikbud.go.id

2. Silahkan pilih menu SOURCES, dan Pilih Journals


 

Silahkan ketikkan kata kunci di Search misal Farmasi atau nama jurnal yang akan dicari menu web akan ditawai filter, apakah akan mencari berdasarkan Rangking Sinta 1, 2, 3, 4,5 atau 6. Pada menu filter seeprti di bawah ini.

Misalpun teman-teman ketikkan satu kata kunci tanpa memilih filter akan ditampilkan jurnal dengan Status rangking tertinggi. misal kata kuncinya Farmasi.

 

Bagaimana kita mengetahui kualitas jurnal Internasional?

Kualitas jurnal Internasional ditentukan oleh 4 peringkat yaitu QI, Q2, Q3 dan Q4, nilai tersebut sudah ditentukan oleh SCImago Journal & Country Rank. Quartil (Q) adalah posisi peringkat relatif sebuah jurnal dengan jurnal lainnya dalam bidang tertentu.

SCImago Journal & Country Rank merupakan salah satu portal yang menganalisis dan melakukan penilaian terhadap domain ilmiah, yang mencangkup jurnal dan indikator ilmiah negara - negara dunia yang dikembangkan dari informasi yang terkandung dalam basis data Scopus (Elseiver B.V)

Langkah-langkah mengetahui Jurnal Internasional yang bereputasi baik adalah sebagai berikut:

1. Masuk websitenya https://www.scimagojr.com/ kemudian klik journal rangkings


2. Pilih menu Jounal Rangking

Silahkan pilih menu yang ingin dicari topik jurnal apa yang akan dicari, disini saya contohkan ingin mencari tentang Pharmaceutics, Pharmaceutical Sciense, All region (jika ingin memunculkan semua negara) jika ingin menuju ke negara tertentu silahkan cari negara yang dituju, Pilih journal dan kemudian tahun jurnal.


Jika sobat etiket ingin mengakses jurnal mana saja yang dapat di download dan dibuka secara gratis silahkan centang Only open Acces Journals maka, tampilan web hanya memunculkan nama-nama jurnal yang free akses.

untuk masuk jurnal open Acces caraanyaa adalah sebagai berikut:

1. Klik Nama jurnal contoh: Pharmaceuticals

2. Silahkan baca informasi journal keseluruhan menurut data scimago

3. Cari menu Home page


 4. Klik Homepage

Setelah sobat etiket klik homepage, otomatis akan diarahkan masuk ke web Pharmaceuticals

Berikut tampilan jurnal dan siap di download 😀 smoga tips di atas membantu kalian menambah pustaka dalam penyususnan ilmiah.

 



Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi