Tips Lulus Ujian Apoteker (UKAI)

UKAI (Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia)

Mahasiswa program profesi apoteker jika mendengar kata UKAI pasti ada perasaan takut, tidak siap ujian dan merasa banyak materi yang belum dikuasai padahal waktu semakin dekat.

UKAI adalah suatu metode ujian yang wajib dilalui oleh CALAPO (calon apoteker) untuk mengukur tingkat kemampuan minimal diatas NBL (Nilai Batas Lulus).

Nilai NBL 2022

UKAI CBT berbentuk soal vignette dengan jumlah soal adalah 200 dalam waktu 200 menit. Tips n trik banyak tersebar di Internet, mungkin trik ini bisa membantu CALAPO untuk menghadapi UKAI CBT dengan nilai diatas NBL 52,50 untuk tahun 2022.

Perubahan nilai NBL yang sangat drastis dari 52,50 ke 56 pada UKAI periode Agustus 2022 mengakibatkan banyak calon apoteker yang belum lulus sehingga menunai protes atas perubahan nilai tersebut. 

Apapun protes temen-temen maka tidak akan mengubah nilai dari NBL (Nilai Batas Lulus). Terus bagaimana menyikapinya? ya kita belajar sesuai blue print dan minangkatkan kemampuan lebih dari soal-soal yang beredar pada umumnya.

kitab wajib πŸ˜€


Berikut tips, dan yang sudah saya kerjakan untuk menghadapi ujian:

1. Ubah Pola Pikir (Mindset)

Pikiran yang positif akan membangun semangat menghadapi UKAI. Jangan belajar berhambisi untuk mengalahkan orang lain tapi kalahkan dirisendiri karena maerasa sudah mampu dan cukup materi yang dikuasai. 

Bacalah blue print UKAI supaya tau range batasan materi yang dipelajari. 

Untuk materi yang dimaksut adalah materi ujian bukan teori lagi seperti S1 Farmasi karena tidak cukup waktu kalau kita pelajari semua.

2. Silahkan Beli Buku Soal UKAI

Kenapa harus buku soal UKAI? karena untuk mengejar waktu dan lebih praktis. Biasanya didalam buku ada soal dan pembahasan materi. 

Silahkan beli buku yang tahun terbaru, misal kalau mau UKAI 2022 ya silahkan beli yang tahun 2022. 

Menurut pengalaman saya setelah membaca isi dari buku terbaru ternyata lumayan banyak yang keluar di UKAI.

Ingat selain kuasai materi HAPAL soal itu juga akan membantu πŸ˜€. 

3. Ikut BIMBEL (Bimbingan Belajar)

Silahkan ikuti BIMBEL baik dari luar ataupun kampus kalian masing-masing. 

Ini penting lo.. ingat poin pertama kita belajar untuk mengalahkan diri sendiri. Dengan ikut bimbel akan dimudahkan dalam belajar UKAI semakin semangat karena ada teman belajar.

4. Try OUT

Sebelum menghadapi UKAI biasanya ada tryOut secara nasional sebanyak 1 kali. Jangan remehkan ini karena TryOut merupakan tolak ukur kita menghadapi soal. 

Jika hasilnya dibawah NBL bagaimana? tetap semangat belajar karena hasil tryOut bukan patokan bisa diatas NBL UKAI  .

Masih ada waktu 1 bulan menyusun strategi πŸ˜… kalau lulus dalam TryOUt apakah menjamin? tidak ada yang menjamin. Karena Tuhan YME melihat usaha makhluknya sejauh mana berusaha, jadi yakin usaha tidak menghianati hasil.

5. Hadapi UKAI dengan Cerdas

Langkah 1-4 sudah dilalui saatnya beraksi πŸ’ͺ ingat kita harus cerdas dalam mengatur waktu, ingat hanya dibatasi 200 menit 1 menit 1 soal lo... ya.

Ketenangan dalam mengerjakan soal, keyakinan dalam mengerjakan soal sangat diperlukan.

hasil Lulus Rol UKAI

 Trik agar kita tidak terbuang waktu sia-sia adalah sebegai berikut:

a. Kerjakan soal yang dapat dikerjakan kurang 1 menit dan yakin bisa. 

b. Jangan terjebak pada soal perhitungan 3 langkah, silahkan lewati saja.

c. Gunakan waktu 120 menit untuk membaca dan mengerjakan 200 soal, jadi masih ada sisa waktu 80 menit untuk mengerjakan soal-soal yang dilewati atau soal yang ragu-ragu.

d. Target benar minimal 120 soal, jangan berambisi bisa mengerjakan mengerjakan semua soal. Kita boleh salah 80 soal low ya πŸ˜€ Amankan posisi di atas NBL dulu.

e. Jika pada saat menggunakan aplikasi kalkulator di komputer pastikan dell history, sebelum setiap mengerjakan hitungan karena dapat mengecoh hasil

f. Maksimal soal dikerjakan dengan acak adalah 20 soal, yakin dan pastikan soal ini sudah nyerah dan tinggal waktu-waktu sisa.

6. Berdoa 

Berdoa selama melakukan proses 1-5 jangan lupa supaya ilmu kita tidak sia-si. Terkahir adalah di pasrahkan. 

Serahkan semua keputusan akhir kepada Tuhan YME karena kita tidak dapat mengubah takdir.

Semoga tips di atas dapat membantu sobat Etiket khususnya CALAPO sukses lolos diatas NBL terimakasih telah menyimak πŸ˜€ beberapa soal bisa dibaca untuk gambaran soal UKAI.

Berikut Contoh soal-soal UKAI

1.Contoh Soal Industri Farmasi 

2.Contoh Soal Farmakoterapi

3. Contoh Soal Manajemen Farmasi


 

 

 

 

 

 


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi