Obat Yang Tepat Untuk Batuk Pilek

Cuaca yang tidak bisa ditebak saat ini pagi terang kemudian hujan kadang mendung seharian menyebabkan respon tubuh yang tidak nyaman. Jika hidung mulai gatal-gatal, bersin kebanyakan menyimpulkan kena flu atau pilek.

MENAMBAH IMUNITAS DENGAN MERACIK JAMU CEK!!!!

Perlu diketahui bahwa antara flu dan pilek itu berbeda lo.

Pilek disebabkan oleh rhinovirus yang artinya penyakit ini akan sembuh sendiri saat virus mati (self-limiting desease). Untuk saat ini obat yang khusus untuk membunuh virus ini belum ada sehingga untuk pengobatannya hanya gejala-gejalanya saja yang di obati. 

Swamedikasi pada umumnya sudah dilakukan oleh masyarakat pada umumnya. Apa itu swamedikasi? swamedikasi dapat diartikan dengan upaya pengobatan yang dilakukan sendiri.  Pada dasarnya swamedikasi dilakukan untuk mengatasi keluhan-keluhannya seperti demam, nyeri, pusing, batuk dll. Jika sistem imun tubuh kita kuat maka serangan rhinovirus ini akan kita hindari.

"Minuman Herbal Untuk Menangkal RhinoVirus"

Batuk itu bukan penyakit tapi suatu respon tubuh jika terjadi jika tubuh kita terserang salah satunya virus.

salah satu contoh produk

Fungsi dan Komponen Obat dalam Flu dan Batuk

a. Analgesik dan antipiretik

Paracetamol mempunyai fungsi untuk mengilangkan rasa nyeri dan sebagai penurun panas. yang perlu diperhatikan jika mengkonsumsi secara terus menerus jika mengkonsumi obat ini adlah efeksi kerusakan pada organ hati.

ANTARA MELOXICAM, PIROXICAM LEBIH BAIK MANA CEK!!!!!

b.  Antihistamin

Antihistamin ditambahkan karena mempunyai fungsi sebagai antikolinergik. Sehingga gejala bersin-bersin saat terjadinya pilek dapat dikurangi. Antihistamin yang sering digunakan seperti CTM, difenhidramin dan feniramin. Perlu diperhatikan efek mengantuk setelah minum obat tersebut, sehingga jangan mengendarai kendaraan bermotor atau menyalakan mesin.

PILIH CTM, CETIRIZIN ATAU LORATADIN CEKK!!!!

c. Antitusif

Antitusif merupakan golongan obat yang digunakan untuk mengurangi gejala batuk termasuk karena terinfeksi virus pada saluran nafas. Pilihan utama jika batuk tidak reda pemakaian Kodein bisa dipertimbangkan. Karena kodein merupakan golongan narkotik sehingga untuk penggunaan obat ini harus ada resep dari dokter. Dekstrometorfan biasanya terdapat pada komposisi obat batuk, jika mencari sediaan tunggal pada obat sudah tidak ada dikarenakan sudah ditari BPOM.

d. Dikongestan

Pseudoefedrin dan efedrin adalah dekongestan yang umum digunakan untuk mengurangi hidung mampet. Dosis yang diberikan pada obat ini pada setiap tablet adalah 30 mg untuk efedrin dan 60 mg untuk pseudoefedrin.

e. Ekspektoran dan Mukolitik

Perlu diketahui ekpektoran adalah suatu senyawa obat yang dapat membentuk masa dahak sehingga mudah dikeluarkan. Sedangkan Mukolitik berfungsi mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkann disaat kita batuk.

REKOMENDASI OBAT FLU DAN BATUK CEK!!!!!!

e. Kafein

Kafein ditambahkan dalam komponen obat pilek sebagai stimulan yang bertujuan mengatasi fatigue (kelelahan)  selain itu untuk mengantisipasi efek dari antihistamin yang menyebabkan rasa ngantuk.


apakah terapi uap dan hidrasi air efektif mengatasi batuk pilek?

Menurut penelitian untuk terapi uap dalam pengobatan pilek baik untuk anak-anak dan dewasa tidak memberikan manfaat yang besar. Efek samping yang yang merugikan malah ditimbulkan seperti meningkatnya resitensi paru-paru bahkan dapat merusak mukosa hidung. 

Terapi ini juga dapat beresiko karena terkena air panas dan dapat menyebabkan menyempitnya saluran udara pada penderita asma

Jika terjadi pilek pada anak-anak tidak menyarankan untk terapi uap atau nebulasi. Perbanyak minum air putih. Pemberian dekongestan akan lebih mengurangi lendir yang keluar dari hidung.

 

Daftar Pustaka

Gitawati R. 2014. Bahan Aktif Dalam Kombinasi Obat Flu dan Batuk -Pilek, Dan Pemilihan Obat Flu Yang Rasional. Media Litbangkes. Hal 10-18

Pujiarto PS. 2014. Batuk Pilek (Common Cold) Pada Anak. In Health Gazette.01-08

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi