Mengenal Jenis-Jenis Masker

Jenis-Jenis Masker

Sediaan masker mungkin tidak asing bagi kita, masker biasanya digunakan untuk membersihkan kulit wajah wanita supaya glowing, terbebas dari jerawat, menjaga kelembapan kulit wajah, mencegah dan mengurangi keriput. Penggunaan masker biasanya sekitar 15-30 menit. 

Sediaan masker juga dapat melindungi wajah kita dari sengat sinar matahari, didalam masker ini biasanya ditambahkan zat yang berfungsi sebagai tabir surya

Sebelum mengenal lebih jauh dengan masker gell-pell of kenalan juga dong dengan jenis-jenis masker:

1. Masker Serbuk

Jenis masker ini merupakan bentuk jenis masker yang populer dan pertama kali dibuat. Banyak produsen memasarkan produknya dalam bentuk sediaan serbuk, baik bersumber dari obat tradisional maupu sintesis.

Cara pemakaian : Ambil satu sendok sediaan masker serbuk kemudian bisa ditambahkan air tawar atau air biasa, aduk hingga homogen. Masker yang sudah  tercampur kemudian oleskan ke wajah, leher pundak dan dada bagian atas. Tunggu 10-15 menit jika dirasa masker sudah kering silahkan bersihkan masker yang menempel, bersihkan masker yang menempel dengan menggunakan handuk yang basah.

2.  Masker Krim

Masker krim sudah banyak beredar bisa dibeli secara offline ataupun online. Perlu diperhatikan untuk pembelian masker yang beredar perlu dicek ijin edar dan produsen resmi yang menjual jangan hanya terkecoh dengan adanya iklan. sesuaikan penggunaan dengan jenis kulit apakah berbinyak atau kering

3. Masker kertas atau kain 

Masker kertas atau kain biasanya mengandung bahan-bahan alami yang meluruhkan sel-sel kulit mati, , membantu menyamarkan bercak atau noda hitam, mengecilkan pori-pori wajah serta memperhalus kerutan diwajah. Masker kertas biasanya berbentuk menyerupai wajah dengan beberapa lubang di wajah.

masker kertas 😁



 4. Masker Gel/ Gell Pel Off

Sediaan masker ini dengan ciri kas mudah digunakan dan bisa dikelupas setelah pemakaian 15-30 menit. Kelebihan dari sediaan masker gell pell off adalah bisa mengangkat komedo, kulit mati , dengan membentuk lapisan film sehingga efek yang dihasilkan pengguna akan merasakan sensasi wajah yang segar dan bersih.


Rangkaian Pengujian Gell-Pell Of

Pengujian sediaan masker gell pell off dimulai dari pemeriksaan organoleptis, kemampuan gel untuk menyebar, waktu mengering, uji lengket dan homogenitas Pengujian organoleptis dilakukan untuk mengetahui tekstur, warna, bau setelah sediaan diproduksi. 

Uji daya sebar dilakukan untuk mengetahui kemampuan sediaan tersebut menyebar saat dioleskan biasanya syarat uji 5-7 cm. Uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui bahwa sediaan sudah tercampur homogen dan merata dalam formula. 

Satu hal yang terpenting adalah sediaan waktu mengering dan terciptanya lapisan film khusus dari sediaan gell pell off. Kemampuan sediaan mengering merupakan indikator berhasilnya pembuatan sediaan masker.

Pustaka:

Saputra Sa, Lailiyah M, Erivina A.2019. Formulasi dan Uji Aktivitas Antibakteri Masker Gell Pell-Off Ekstrak Daun Pacar Air (Impatiens Balsamina Linn) Dengan Kombinasi PVA dan HPMC. JRKI.



Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi