Jenis-Jenis Evaluasi Mutu Tablet

Sebelum memahami evaluasi mutu sediaan solida pahami dulu nih tentang apa itu Sediaan Farmasi. 

Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 tahun 1998 Tentang Pengamanan Sediaan Farmasi dan Alat Kesehatan. Devinisi dari Sediaan Farmasi adalah obat, bahan obat, obat tradisional dan kosmetika. Tablet dalam dunia farmasi merupakan salah satu dari sediaan solida, apa itu sedian Solida? Sediaan Solida adalah suatu bentuk sediaan obat yang memiliki wujud padat, kering, mengandung satu atau lebih zat aktif yang tercampur HOMOGEN.

PERBEDAAN FARMAKOPE III, IV,V dan VI EVALUASI MUTU TABLET CEKK!!!

Pada dasarnya obat yang beredar di Apotek, Puskesmas, Rumah sakit atau di pelayanan kefarmasian sudah melewati uji sehingga pasien mendapatkan Obat yang aman dan bermutu. Serangkaian pengujian dilakukan oleh bagian QC di suatu Industri Farmasi.


ini nih Jenis-Jenis Sediaan Solida 😅 mari mengenal, ada serbuk, granul, tablet, kapsul, pil dan sediaan Suppositoria. Tablet merupakan salah satu sediaan solida yang paling umum dikenal oleh masyarakat. Beberapa keuntungan dari sediaan tablet adalah: Tablet dapat diproduksi dalam sekala besar dan dengan kecepatan produksi yang tinggi sehingga harganya relatif murah, Tablet bersifat lebih stabil dibanding sediaan lain seperti sirup, dan sediaancair yg lain. Tablet mudah dalam hal pengemasan (blister, strip) dan sistem transportasi.   

   
 

Beberapa kerugian dari sediaan tablet adalah: efek terapi obat lebih lama dibanding dari sediaan injeksi, kesulitan menelan pada anak-anak dan pasien yang tidak sadar

 
Ada berapa saja yang perlu dilakukan untuk memastikan mutu tablet itu bagus? Pada dasarnya dalam evaluasi mutu tablet dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu berdasarkan farmakope dan non Farmakope.

a. Berdasarkan Farmakope

Yang perlu diuji diantaranaya: Variasi berat/bobot tablet, penentuan kadar bahan aktif, keseragaman kandungan, waktu hancur tablet dan uji disolusi

Disintegrator

b. Berdasarkan Non Farmakope

Yang diuji diantaranya: uji kekerasan tablet, uji kerapuhan tablet, Indeks rapuh fraktur (Brittle fracture Index/BFI) dan kekuatan tarik (tensile strengh)

Friabiliti Tester

 


        Berikut sudah saya buatkan poster tentang Evaluasi Mutu Tablet untuk memudahkan kalian pelajari secara umum, ini asli lo 😀 dan sudah mempunya sertifikat HAKI sebagai gambaran secara umum mengenai pengujian tablet.

CARA UJI DISOLUSI DAN PERHITUNGAN CEK!!!!

mana sertifikat nya? 😅 tenang dibawah akan juga muncul.. Kenalan dulu nih tentang HAKI tidak kenal maka tidak tau, HAKI dapat diartikan sebagai hak yang bersumber dari hasil kegiatan intelektual manusia, yang mana memiliki manfaat ekonomi. Hak ini bisa disebut sebagai hak yang eksklusif karena hanya diberikan khusus kepada orang atau kelompok yang menciptakan karya cipta terkait. Melalui hak ini, orang lain tidak dapat memanfaatkan secara ekonomis karya cipta milik orang lain tanpa izin dari penciptanya.

Contoh Sertifikat HAKI

Sertifikat HAKI wajib dimiliki jika sobat mempunyai karya dan tidak ingin diakui oleh orang lain.  karya bisa berupa merk dagang, logo produk, buku dll karena kasus merk yang kembar atau mirip akan mengakibatkan permsalahan di mata HUKUM.

 


Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi