Mangga Podang Kediri Dilihat dari Kacamata Riset

 

Mangga Podang Yang Dijual Di Banyakan Kab. Kediri

Melihat Sejarah Mangga Podang

Mangga podang sudah tidak asing lagi di daerah Kabupaten Kediri karena sudah ditanam oleh masyarakat sejak ratusan tahun yang lalu. Penanaman Mangga Podang yang hanya dilakukan melalui biji menyebabkan pertumbuhan yang tidak seragam. Mangga Podang terkenal berbuah sangat asam dan tidak layak dimakan, tetapi anenhya ketika di tanam di Kediri Mangga Podang ini rasanya manis dan berbau harum khas mangga podang. Produksi tanaman buah di Kediri terbanyak produksi adalah di Kecamatan Tarokan. Saat ini Produksi Mangga Podang sudah mulai menurun karena lahan pertanian sebagian besar dibangun Bandara dan saat ini masih proses pembangunan.

Pemasaran mangga podang urang saat ini sudah berkembang di Jawa Timur dan ternyata mangga podang urang sudah di ekspor ke Negara Singapura.

Perlu diketahui mangga podang terdiri dari 3 jenis yaitu:

1. Mangga Podang Urang (warna kulit buah merah jingga dengan rasa buah manis segar)

2. Mangga Podang Lumut (warna kulit buah kuning kehijauan dengan rasa buah manis agak asam)

3. Mangga Podang Nanas (warna kulit buah kuning dengan rasa buah manis agak asam)

Mangga podang urang merupakan salah satu buah unggulan di Kabupaten KEDIRI khususnya didaerah kecamatan Mojo, Banyakan, Semen dan Tarokan.Khas dari buah mangga Podang Urang adalah dengan warna kulit dan daging buah merah jingga dengan ukuran buah yang sedang sekitar 200-250g / buah dan aroma khas harum mangga podang.

Vitamin C yang terkandung dalam buah mangga podang berpotensi besar sebagai antioksidan yang kuat.  Vitamin C berperan penting dalam tubuh sebagai senyawa pelindung jaringan dari kerusakan yang diakibatkan oleh stress oksidatif.Sari mangga podang urang dan Podang lumut telah diteliti dengan metode Spektrofotometri didapatkan kadar Vit C sebesar 122,82 mg / 100 g dan 111,39 mg /100 g. Selain kadar Vit C juga diteliti kadar fruktosa dan diperoleh kadar 1,086 g/100 g dan 0,901g/100g.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Nurul Istiqomah dan Aisyah Hadi R ternyata perbedaan tumbuh daerah di Kabupaten Kediri menghasilkan Buah Mangga Podang mengandung kadar vitamin C yang berbeda.

Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel buah mangga podang di daerah Banyakan, Semen, Mojo dan Tarokan. Hasil penentuan kadar dengan menggunakan alat HPLC menyebutkan bahwa Sampel mangga podang dengan kandungan Vit C tertinggi didapat dari daerah Kecamatan Semen dan Banyakan. Rendahnya kadar Vit C yang dihasilkan dari daerah kecamatan lain dapat dimungkinkan karena kandungan unsur hara pada tanah tempat penanaman mangga podang dan tingkat kematangan buah. Peranan letak geografis, unsur hara, komposisi tanah dan tekstur tanah dapat mempengaruhi metabolisme pada tanaman dan pada akhir mempengaruhi pertumbuhan dan kualitas buah Mangga podang yang dihasilkan.

Beberapa klaim khasiat mangga podang diantaranya dapat mencegah kangker, menekan kolesterol jahat, menyehatkan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, memperlancar buang air besar perlu dikaji ulang dan dibuktikan secara ilmiah.


Pustaka:

 Bawarsiati dan Yuniarti. 2007. Karakter Morfologis dan Beberapa keungulan Mangga Podang Urang (Mangifera indica L.)

Istikomah N dan Ramadhani AH. 2018. Profil Vit C Mangga Podang di Kecamatan Mojo, Semen, Banyakan dan Tarokan Kabupaten Kediri. Jurnal Biologi dan Pembelajaran.Vol 5. Hal 24-31

Yuliati N dan Kurniawati E. 2017. Analisis Kadar Vitamin C dan Fruktosa Pada Buah Mangga (Mangifera Indica L) Varietas Podang Urang dan Podang Lumut Metode Spektrofotometri Uv-Vis. Jurnal Wiyata. Hal 49-57

Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi