Nanas Madu Buah Primadona Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan gunung berapi aktif di Jawa Timur. 

Gunung kelud terakhir meletus pada tanggal 12 Februari 2014. Meletusnya gunung kelud merupakan peristiwa yang sangat luar biasa mau-tidak mau harus menutup 7 bandara. Buah Nanas madu merupakan buah lokal andalan selain mangga podang. 

MANGGA PODANG KEDIRI CEKK!!!!

Kecamatan Ngancar merupakan sentra produksi nanas terbesar di Kabupaten Kediri dengan tingkat produksi rata-rata mencapai 113.049 ribu ton per tahun. Pengembangan komoditas nanas di Kabupaten Kediri dimulai sejak 2011 antara pemerintah Kab Kediri (Dinas Pertanian), Institut Pertanian Bogor dan petani nanas di Kec. Ngancar yang meliputi:

Desa ngancar, Desa Manggis, Desa Sempu, Desa Sugihwaras dan Desa Babadan. Jenis Nanas yang ditanam pada kelima Desa tersebut yaitu golongan Smooth Cayenne Varietas Subang. Varietas JG I dan Varietas MD II. 

Buah nanas termasuk dalam genus Ananas dan memiliki nama latin Ananas comosus (L.) Merr. Nanas memiliki nilai gizi yang tinggi, kaya akan vitamin A, B, C dan mineral (kalsium, fosfor dan besi), serta mengandung senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan (polifenol dan flavonoid). Kebutuhan Vit C yang diperlukan oleh tubuh adalah 60 mg/hari.

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, antara lain sebagai antioksidan dan senyawa pembentuk kolagen. Kolagen merupakan protein penting penyusun jaringan kulit, sendi dan tulang. Vitamin C mempunyai peran penting terhadap tubuh manusia, dimana apabila manusia kekurangan Vitamin C maka akan timbul gejala penyakit seperti sariawan, nyeri otot, berat badan berkurang lemas dan sebagainya.

Nanas yang banyak dikembangkan di Kabupaten Kediri adalah jenis nanas Queen dan Cayenne. Nanas Queen atau lebih dikenal dengan sebutan Nanas Madu dengan dengan bentuk buah yang kecil, warna kulit buah kuning coklat kemerahan, memiliki rasa yang manis dan aroma yang khas

 

Nanas Madu Gunung Kelud


Nanas Cayenne mempunyai rasa yang manis dan kandungan airnya lebih tinggi dibandingkan dengan nanas Queen. Buah yang mengandung kadar air yang tertinggi dapat mengakibatkan kandungan Vit C yang terdapat dalam buah tersebut mudah mengalami oksidasi. Karena Vit C bersifat mudah larut dalam air dan mudah terokasidasi. Menurut penelitian yang dilakukan Agustina dkk tahun 2019. Pada pengujian secara kuantitatif didapatkan kadar Vit C pada sampel nanas gunung kelud rata-rata 5 ยตg/g.

ETNOFARMASI KEDIRI CEKK!!!

Buah nanas dapat dikonsumsi secara langsung dalam bentuk buah segar dan dapat diolah  menjadi makanan dan minuman, sperti selai dan syrup. Buah nanas mengandung enzim    

bromelain yaitu enzim protease yang dapat mengidrolisis protein, protease atau peptida yang biasanya digunakan untuk melunakkan daging.

 

Pustaka:
Agustina dkk 2019. Analisis Vitamin C pada Nanas (Ananas comosus (L) Merr) Varietas Queen dan Ceyenne di Kecamatan Ngancar kabupaten Kediri dengan Metode Spektrofotometri Uv-Vis

 

Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi