Limbah Rambut Jagung Bakar Sekartaji Kediri dari Teh Sampai Kosmetik

Limbah Rambut Jagung Bakar Sekartaji Kediri dari Teh Sampai Kosmetik

Tidak asing lagi jika melewati bundaran sekartaji kita akan menjumpai pedagang yang menjajakan jajanan mulai cilok, bihun telur, pentol dan masih banyak lagi. Potensi yang belum banyak diteliti adalah limbah rambut jagung bakar. Pada saat ini ada pembatasan penjualan pedagang jagung bakar karena imbas dari Pandemi Covid 19 sehingga tidak seramai sebelum terjadinya pandemi. 

MELAWAN TUA DENGAN ANTIOKSIDAN CEKK!!!

Rambut jagung merupakan bagian tanaman yang belum dimanfaatkan secara efektif bagi masyarakat karena di anggap sebagai limbah dan biasanya sebagai makanan ternak. Rambut jagung mengandung senyawa antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Hasil skrining fitokimia dari ekstrak rambut jagung menunjukkan positif mengandung fenol dan flavonoid. Penelitian yang dilakukan oleh Nessa 2013 dan kawan-kawan membuktikan bahwa ekstrak rambut jagung memiliki efek diuretik dan daya larut batu ginjal.

Aktivitas Pedagang Di Bundaran Sekartaji

YUK LEBIH KENAL DENGAN KOSMETIK CEKK!!!!

Manfaat rambut jagung dapat diperoleh melalui olahan yang sederhana yaitu membuat teh dari rambut jagung. Yang perlu diperhatikan disaat pengolahan teh rambut jagung adalah disaat perebusan dikarenakan semakin lama perebusan akan menghasilkan antioksidan yang lemah. Rambut jagung yang digunakan dapat digunakan berupa rambut segar dan kering, karena tidak mempengaruhi kualitas kandungan kimia. Menurut penelitian Ismiati 2015. dengan perebusan 5 menit menunjukkan waktu yang optimal dalam pengolahan rambut jagung. Proses perebusan selama rambut jagung selama 5 menit ternyata mampu meningkatkan aktivitas antioksidan.

Resep Pembuatan Teh Rambut jagug

Siapkan:

Air matang kurang lebih 350 ml

100-200 g Rambut jagung basah/ kering

2 sendok teh madu, 1 Jeruk Nipis

Proses Pembuatan:

Rebus air yang telah disiapkan kedalam panci, setelah air mendidih masukkan rambut jagung yang sudah dibersihkan kemudian ditambah perasan jeruk nipis secukupnya dan jangan lupa ditambah madu. Aduk hingga merata kemudian saring dan dituang di dalam cangki/gelas. Minuman teh rambut jagung siap diminum selagi hangat ataupun dalam keadaan dingi sesuai selera.

PERKEMBANGAN MAKLON KOSMETIK DI INDONESIA CEKKKK!!!

Krim Tabir Surya Dari Limbah Rambut Jagung Bakar

Sinar matahari yang memapari kulit secara terus menerus dapat merusak kulit, efek pemaparan berupa eritema, pigmentasi, fotosensitifitas dan penuaan dini. Senyawa kandungan rambut jagung daapat berperan sebagai tabir surya yang dapat melindungi kulit dari sinar radiasi UV yang dipancarkan oleh matahari. Krim rambut jagung dibuat dengan cara mencampur ekstrak dengan basis krim. Penelitian yang dilakukan oleh Saputra SA, 2020 mengolah limbah rambut jagung bakar bundaran Sekartaji Kediri dibuat formulasi krim.

Langkah-langkah membuat krim

1. Pembuatan Ekstrak Rambut Jagung

Pembuatan ekstrak dilakukan dengan menimbang 400 g serbuk kering kemudian direndam dengan pelarut etanol 1000 ml selama 5 hari kemudian disaring. Residu setalah disaring kemudian direndam kembali menggunakan 1 L etanol selama 2 hari kemudian di saring. Hasil dari maserasi kemudian diuapkan menggunakan evaporator.

2. Penyiapan Bahan

Untuk mmebuat basis krim bahan-bahan yang diperlukan adalah:

asam stearat 5%, setil alkohol 3%, TEA 1%, Parafin Cair 7%, Minyak Zaitun 10%, Gliserin 7%, Nipagin 0,025%, Nipasol 0,015% dan Aquadest ad 100%

3. Proses Pembuatan

Ditimbang semua bahan kemudian dipisahkan menjadi dua kelompok yaitu fase minyak dan fase air,

Fase minyak (asam stearat, setil alkohol, parafin cair, minyak zaitun dan nipagin) dilebur diatas penangas air dengan suhu 70-75 C

Fase air Tea, Gliserin, Nipasol dilarutkan kedalam air panas selanjutnya Fase air dicampur ada homogen kedalam mortir panas. Kemudian ditambahkan fase minyak dikit demi sedikit digerus sampai homogen hingga terbentuk masa krim. Ditambahkan ekstrak rambut jagung 1% sedikit-demi sedikit jadilah krim ekstrak rambut jagung.

Krim Tabir Surya Rambut Jagung

Penelitian selanjutnya dilakukan dengan pengukuran menggunakan metode spektrofotometri dan diperoleh nilai SPF 8,5. Arti dari nilai SPF tersebut adalah krim dari limbah rambut jagung bakar bundaran Sekartaji Kota Kediri melindungi kulit secara maksimal.

SPF atau kepanjangan dari Sun Protector Factor dirancang untuk konsumen mengetahui sebagus apa perlindungan terhadap pancaran sinar matahari. Kulit normal manusia bisa bertahan dibawah sinar matahari sekitar 10-15 menit sehingga perlu perlindungan dengan memakai produk tabir surya. Jika hasil SPF krim rambut jagung 8.5 dapat dihitung 8,5 x 10 menit = 85 menit atau 1,4 jam. Artinya krim rambut jagung jika digunakan melindungi dari paparan UV sekitar 1,4 jam. Semakin tinggi nilai SPF sebuah produk semakin lama melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari.

PERBEDAAN SUNSCREEN, SUNBLOCK, SPF PAA ++ CEKKK!!!


 

Pustaka:

Ismiati. 2015. Aktivitas Antioksidan Minuman Herbal Rambut Jagung Dengan Variasi Kondisi dan Lama Perebusan, Naskah Publikasi

Saputra SA dan Lailiyah M. 2020. Pemanfaatan Limbah Rambut Jagung Bakar (Zea Mays L. sacharata) Sebagai Krim Antioksidan dan Tabir Surya. As-Syifa Jurnal Farmasi.

Usma dkk. 2020. Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Dalam Pemanfaatan Limbah Rambut Jagung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Membangun Negeri




Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi