Getuk Pisang Khas Kediri Yang Kaya Antioksidan

Getuk Pisang Oleh-Oleh Khas Kediri

Getuk pisang merupakan suatu olahan buah pisang yang berbentuk semi basah dan berumur simpan relatif singkat sekitar 3 hari jika tidak ada unsur bahan pengawet. Secara organoleptis bentuk pisang berbentuk padat, semi basah dan sedikit lunak. Warna getuk pisang pada umumnya merah kecoklatan hingga coklat muda ke coklat tua dengan bau khas pisang dan rasa yang manis sedikit asam.
 
contoh getuk pisang Jl. Yos Sudarso Kota Kediri

Kandungan gizi Pisang dengan bobot per 100 g mempunyai kandungan gizi diantaranya kalori, karbohidrat, gula, serat, lemak, vitamin, magnesium, potasium dan fosfor. Vitamin C merupakan kandungan yang berpotensi sebagai antioksidan. Pisang yang cocok dibuat olahan getuk adalah pisang raja nangka.

Pisang raja nangka yang siap diolah untuk menjadi getuk pisang dengan kematangan 80-90%.  Pisang raja nangka merupakan jenis pisang yang mudah kita jumpai di pasaran. Pisang ini kulit buahnya tetapberwarna hijau walaupun sudah matang. Ciri khas dengan kulit buah agak tebal, ukuran buah yang besar dan panjang sampai 28 cm dengan bentuk buah melengkung.

Teknik pembuatan getuk pisang kediri mempunyai rahasia sendiri bagi pembuat getuk pisang. Jika kita membeli getung pisang maka akan mersakan kemanisan, kepadatan getuk pisang keasaman yang berbeda-beda. Banyak kita temui di pusat jajanan oleh-oleh Kota Kediri

Salah satu karya tulis ilmiah yang dilakukan oleh Makhfudhoh PM, 2016 Mencoba menetapkan kadar Vit C pada sampel getuk pisang  di jual di Jl. Yos Sudarso Kota Kediri dengan metode Iodimetri. Sampel yang digunakan pada penelitiannya sejumlah 3 merek pisang, ternyata 3 merek tersebut menghasilkan kadar Vit C yang berbeda-beda yaitu sekitar 20,8 %, 70,8% dan 70,6%.


Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi