Apa Perbedaan Sunscreen, Sunblock, SPF PA ++?

Kali ini saya akan mencoba membahas arti dari sunscreen, Sunblock, SPF pa ++ yang mungkin familiar ditampilkan pada produk kecantikan. Semakin tinggi nilai SPF dan pa ++ merupakan sebuah ajang unggulan dalam sebuah produk tersebut.

 
Radiasi dari sinar matahari berupa sinar UV (Ultraviolet) dengan range sinar antara 10-4000 nm selain memberikan manfaat juga menimbulkan efek. Salah satu manfaat bagi tubuh kita adalah mensitesis Vit D. 

Selain itu kita jika terpapar dengan waktu yang lama efek yang ditimbulkan adalah rasa panas seperti terbakar dan mengaikbatkan perubahan warna kulit.

struktur kulit by byjus.com

Pada dasarnya fungsi kulit adalah proteksi artinya menjaga bagian dalam tubuh dari gangguan dari luar salahsatunya melindungi dari radiasi sinar ultra violet matahari. Kalau dilihat dari struktur kulit yang berperan dalam perlindungan adalah epidermis, dermis dan subcutan.

Sebelum melindungi kulit dengan bantuan produk sunscreen, sunblock, SPF pa ++ perlu diketahuai mengenai sinar ultraviolet matahari. Sinar UV yang dipancarkan matahari dibedakan menjadi 3 yaitu UV A (320-400 nm), UV B (290-320 nm) dan UV C (200-900 nm). Radiasi yang mengenai kulit kita yang terbesar adalah radiasi UV A sebesar 99%, UV B 10% sedangkan UV C tidak sampai ke bumi.

Produk kosmetik untuk melindungi sinar matahari biasanya disebut dengan Tabir Surya. Tabir surya adalah sebuah produk yang mengandung senyawa kimia yang berfungsi menyerap, menghamburkan atau memantulkan sinar UV.

Apa Bedanya Sunscreen, Sunblock, SPF dan pa ++

Suncreen kalau dilihat dari fungsi ditujukan untuk melindungi karena radiasi UV B saja. Sunsreen bekerja dengan cara memfiilter dan meneyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi energi panas lewat kulit. Produk sunscreen dipakai sebelum kita keluar terpapar sinar matahari 15-20 menit.

Sunblock berfungsi secara langsung melindungi dari sinar UV tanpa menunggu beberapa waktu setelah dioleskan ke kulit. Baik suncreen dan sunblock harus diulang pemakaian setelah terpapar dari sinar matahari 2-3 jam.

SPF (Sun Pretection Factor) adalah ukuran suatu produk krim yang dapat melindungi dari sinar UV B. Semakin tinggi nilai SPF yang tertulis dan di klaim suatu produk maka perlindungan terhadap kulit semakin maksimal.

Food Drug Administration suatu lembaga keamanan mutu obat dan makanan dari Amerika Serikat menyarankan suatu produk minimal nilai SPF 15. Nilai SPF tersebut artinya produk tersebut melindungi kulit kita selama 150 menit dari paparan sinar matahari.

TIPS MEMILIH PRODUK MOISTURIZER (PELEMBAB) CEK!!!!

Asosiasi kosmetik di jepang memperkenalkan sistem PA (Protection Grade of UV A). Metode ini berdasarkan PPD (persistent Pigment Darkening) yang merupakan lanjutan dari hasil IPD (Immediate Pigment Darkening) setelah waktu anatara 2-4 jam setelah pengujian dengan pemaparan sinar UV A.

Jika dalam kometik menampikan simbol:

PA + artinya produk tersebut memberikan perlindungan terhadap sinar UV A selama 2-4 jam
PA ++ artinya produk tersebut memberikan perlindungan terhadap sinar UV A selama 4-6 jam
PA +++ artinya produk tersebut memberikan perlindungan terhadap sinar UV A lebih dari 8 jam
 



Pustaka :

Kaur A, Tha tai P and Sapra B. 2014. Need Of  UV Protection and Evaluation of Efficacy of Sunscreens. J. C osmet. sci 65. pg 315-345




Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi