Bukti Ilmiah Tanaman Untuk PROMIL

 

Anak sebuah anugerah bagi keluarga yang baru nikah. Dengan kehadiran anak membuat hubungan keluarga semakin harmonis. Apakah semudah itu mendpatkan anak? banyak orang di luar sana berikhtiar habis ratusan juta segala upaya baik dari medis atau pun non medis baik dari herbal sampai sintetis  itupun tidak menjamin orang Promil segera dikasih keturunan.

Promil tidak bisa dijalankan oleh sepihak apkah dari Istri saja ataupun suami saja, maka komuniaksi dan komitmen sangat penting keduanya. Periksakan kualitas sperma untuk yang pria dan kualitas menstruasi untuk yang wanita jika kedua-duanya normal tinggal ikhtiar dan Tuhan yang menntukan.

Berikut akan saya ulas menurut beberapa jurnal penelitian mengenai bukti ilmiah beberapa tanaman yang dipakai untuk Promil yang diduga bisa meningkatkan kesuburuan bagi pasangan suami istri pejuang garis dua. Tanaman yang sering dipakai untuk program hamil adalah sebagai berikut :

1. Kurma Muda (Phoenix dactylifera)

Kurma muda dianggap salah satu tanaman yang dapat meningkatkan fertilitas (mendapatkan kehamilan) sehingga mendukung di saat Promil. Bagaimana pengaruh konsumsi buah kurma muda terhadap organ ovarium? Herlambang dkk pada tahun 2020 meniliti dengan memberikan serbuk kurma muda dengan dosis 160 mg/kgBB dan 320 mg/kgBB dan kelompok kontrol hanya diberi aquades selama 28 hari.

Hasil penelitian menunjukkan pemberian dosis kurma muda 320 mg/kgBB mempunyai jumlah korpus luteum tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Pemberian kurma dapat meningkatkan induksi ovulasi tikus.

Pregnancy Strip Test

2. Kayu manis

Kayu manis mempunyai kandungan yang memiliki antioksidan tinggi sehingga menangkal senyawa radikal bebas yang dapat mengganggu kesuburan pada pria. Penelitian yang dilakukan oleh Fathiazad F dan kawan-kawan pada tahun 2013 dengan menggunakan hewan coba tikus jantan sebanyak 20 kemudian dibagi 2 kelompok @ kelompok 10 tikus. 1 kelompok tikus diberi perlakuan dengan pemberian dosis kayu manis 75 mg/kg BB selama 4 minggu. Dihari ke 30 masing-masing tikus diambil darah dan di uji kadar hormon testosteron.

Hasil penelitian membuktikan setelah perlakuan total serum testosteron dan total kapasitas antioksidan meningkat secara signifikan dibanding tanpa perlakuan. Jika dilihat dari hasil penelitian kadar testosteron konsumsi kayu manis bisa digunakan alternatif pengobatan bagi laki-laki yang kurang subur.

3. Taoge/Kecambah

Tanaman toge mempunyai kadar antioksidan yang tinggi diantaranya Vitamin E atau disebut alpatokoferol, Vit C, fenol, flavonoid dan beberapa mineral yang gak kalah penting seeprti selenium, mangan, tembaga, zink dan besi. Peemberian nutrisi kecambah ternyata dapat meningkatkan kepadatan sepermatozoa mencit menurut penelitian Basir 2013.

Ekstrak kecammbah juga berpengaruh positif dalam meningkatnya motilitas spematozoa dan jumlah spermatozoa Diartha 2016. Apakah pemberian tauge berpengaruh pada peningkatan jumlah anak? ternayta Hidayanti dkk 2017 membuktikan adanya pengaruh peningkatan jumlah anak yang dihasilkan hewan uji mencit setelah pemberian perlakuan dibanding kontrol dengan konentrasi ekstrak toge 25%.


Pustaka :

Herlambang, Rahman AO, Kusdiyah E. 2020. The Effect of Unripe Dates (Phoenix dactylifera) on Rat Ovarian Follicle Maturation and Ovlation. Jurnal Kedokteran Brawijaya. pp 77-80

Fathiazad F, Khaki A, Nouri M, Khaki AA. 2013. Effect of Cinnamon Zeylanicum on serum Testosterone and anti-oxidants levels in Rats. IJWHRS.

Hidayanti N, Sulistiarini R, M Adam. 2017. Pengaruh Pemberian Ekstrak Taoge (Vigna radiata L.) Pada Mencit Jantan (Mus musculus) Terhadap Jumlah Anak Yang Dilahirkan. Proceeding of the 5th Mulawarman Pharmaceuticals Conferences. 23-24.

Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi