Belajar UKTTK D3 Farmasi dan D3 Anafarma Fokus Pada Blue Print

Blue Print UKTTK D3 Farmasi dan D3 Anafarma

Blue print dapat diartikan sebuah deskripsi yang mendetail mengenai suatau rencana. Istilah blue print biasanya dipakai pada bidang arsitektur tetang pembuatan kebijakan meliputi penetapan tujuan, sasaran, punyunan strategi, pelaksanaan program, fokus kegiatan serta langkah-langkah yang harus dilaksanakan di lingkungan kerja.

Blue print 2022 yang disusun oleh APDFI dan PAFI kali ini sudah diperbarui dibanding edisi tahun sebelumya yaitu tahun 2019. Dosen pembuat soal UKKT akan fokus pada tinjauan dan kisi-kisi materi pada BLUE Print UKTTK. Hasil soal diharapkan tidak terlalu bias sehingga setiap mahasiswa dari ujung timur sampai barat akan mendapatkan materi soal yang sama.

50 Soal Contoh UKOM D3 Farmasi

6 Tinjauan pada uji kompetensi D3 Farmasi adalah sebagai berikut:

1. Area Kompetensi

2. Domain

3. Kemampuan Analisis

4. Sediaan Farmasi dan Alat Kesehatan

5.  Kelas Terapi

6. Proses/ Tahap Kerja TTK

Prosentase dari masing-masing tinjauan sudah terbagi berdasarkan tingkat pemahaman materi yang harus dikuasai peserta UKTTK khususnya D3 Farmasi. Keterampilan teknis kefarmasian 20-50%, Pengetahuan Prosedural 40-60%, Reasoning ability 50-80%, Pelayanan Kefarmasian 60-80%, Obat 50-70% dan Persiapan serta pelaksanaan.

6 Tinjauan pada uji kompetensi D3 Anafarma adalah sebagai berikut:

1. Area kompetensi

2. Domain

3. Kemampuan analisis

4. Jenis analisis

5. Jeis sediaan

6. Proses Tahap Kerja

Prosentasi yang besar merupakan dominan materi yang harus dipelajari secara lebih banyak waktu sehingga hasilsaat ujian lebih maksimal. Jika kita lihat di blue print anafarma yang memiliki prosentase besar adalah: Keterampilan analisis sediaan farmasi 40-60%, Kemampuan prosedural 45-65%, Reasoning ability 60-80%, Kimia 40-65%, Obat 30-40%, Makanan-minuman 30-40%, Pelaksanaan 40-60%.

Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi