KKN IIK Bhakta di Desa Pagu Kabupaten Kediri

KKNT atau disebut Kuliah Kerja Nyata Tematik dalam kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan suatu bentuk kuliah kerja nyata (KKN) yang dirancang dengan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus. Mahasiswa bersama masyarakat mengidentifikasi potensi dan menangani masalah terutama dibidang kesehatan di masyarakat, sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi desa/ daerah dan meramu solusi untuk masalah kesehatan yang di desa tempat KKN tersebut.


Kegiatan KKN-T diharapkan dapat mengasah soft skill, kemitraan, kerjasama tim lintas disiplin/keilmuan (lintas kompetensi/profesi), dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah perdesaan. Kuliah Kerja Nyata tematik MBKM lahir dari kebijakan pemerintah dan kesadaran mahasiswa dalam ikut berpartisipasi dalam pembangunan bangsa dan Negara di era teknologi 4.0.

Dalam pelaksanaan KKN-T, peran mahasiswa adalah creator, innovator, dan motivator kegiatan. Masyarakat adalah unsur utama dalam kegiatan. Aparat fungsional di desa sebagai fasilitatornya. Kolaborasi dari unsur tersebut menghasilkan perubahan perilaku, sikap, dan keterampilan masyarakat menuju perbaikan Kesehatan masyarakat dan taraf hidup masyarakat.

Kali ini saya apt. Sony Andika Saputra,M.Farm bersam rekan Dosen Nita Ermawati,S.ST,S.Pd,M.Si dipilih sebagai DPL (Dosen Pembimbing KKN) di Desa Pagu. Kec. Wates Kab.Kediri. Mahasiswa yang kami bimbing sejumlah 25 mahasiswa yang terdiri dari beberapa Program Studi.

 

Mahasiswa Peserta KKN Desa Pagu 2023

Prodi -Prodi yang bergabung di kelompok Desa Pagu ini terdiri dari Prodi S1 Kebidanan, S1 Farmasi, S1 Keperawatan, S1 Administrasi RS, S1 Pendidikan Dokter Gigi, S1 Kesehatan Masyarakat, D4 Teknologi Laboratorium Medis, S1 Gizi. Digabungnya bebragai jurusan yang diambil mahasiswa ini bertujuan untuk saling bekerja sama diberbagai sektor Kesehatan, sebagai gambaran bahwa kedepannya bisa berkolaborai dengan Nakes Lain.

Pelaksanaan Program KKN dilaksanakan dari 21 Agustus - 9 September 2023 selama kurang lebih 20 hari mahasiswa bejar real terjun langsung ke Masyarakat Desa Pagu. Judul Kegiatan ini mengangkat tema " Menyiapkan Masyarakat Desa Pagu Kecamatan Wates Kabupaten Kediri dalam Pengembangan Pengetahuan dan Ekonomi Berbasis Kesehatan"

Program Kerja KKN Mahasiswa di Desa Pagu diantara adalah:

1. Bidang Lingkungan --> Edukasi TOGA, Senam Ibu-Ibu PKK


Penanaman TOGA

2. Bidang Pendidikan --> Sosialisasi dan edukasi PHBS dan KESGIMU, BIMBEL

Sosisalisasi PHBS dan KESGIMU    

Bimbingan Belajar


3. Penyuluhan --> Sosialisasi hipertensi dan diabetes melitus, sosisalisasi kenakalan remaja, Sosisalisasi stunting

 

Penyuluhan Hipertensi

Penyuluhan Kenakalan Remaja

4. Kewirausahaan --> Membantu mengenalkan UMKM Desa Pagu lewat Google Maps












Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi