Mana yang Efektif Kompres Air Hangat, Dingin Atau Plester

Demam merupakan respon tubuh dimana otak memberikan sinyal peningakatan suhu 37,5 C. Ketika mengalami demam kita seringkali bingung mana yang efektif dikompres dengan air hangat atau dingin.

contoh kompres plester

Penanganan demam tubuh yang melebihi lebih dari 38.5 C dapat membrikan efek yang buruk terutama pada nak-anak disebabkan karena sistem metabolisme tubuh belum bekerja secara optimal. Tubuh akan mengeluarkan sejumlah panas ke kulit tubuh sebagai respon melawan penyakit dan infeksi. 

Kompres merupakan merupakan salah satu penatalksanaan non farmakologi yang dapat digunakan untuk menurunkan demam. Pemberian kompres dibagi menjadi 2 pakai air hangat atau pakai air dingin.

-> Kompres Air Hangat

 Kompres air hangat dapat diberikan pada pembuluh darah besar, tujuan pemberian kompres ini adalah memberikan rangsangan pada hipotalamus untuk menurunkan suhu tubuh, reaksi yang didapat adalah tubuh mengeluarkan keringat.

-> Kompres Air Dingin

Kompres air dingin bekerja dengan merangsang vasokontriksi dan shivering sehingga pembuluh darah menjadi lebar dan keadaan suhu tubuh menjadi normal. Proses penurunan suhu ini dikarenakan adanya penangkapan sinyal oleh hyphotalamus melalui sumsum tulang sehingga tubuh mencapai suhu normal

-> Kompres Plester Hydrogel

Hydrogel polyvinil (PVP) mengandung air dalam jumlah besar > 70% serta mengandung paraben dan menthol yang dapat menurunkan suhu tubuh melalui sistem evaporasi. Adanya kandungan air yang besar dalam struktur hydrogel dapat dimanfaatkan untuk menurunkan demam melalui penyerapan panas dibagian tubuh serta menguapkannya.

 Mengatasi Diare Pada Anak Cekk!!!

Berikut hasil sebelum dan sesudah pemberian kompres air hangat

Berikut hasil sebelum dan sesudah pemberian kompres air dingin
 

Melihat kedua hasil kompresi air hangat dan dingin dalam menurunkan suhu demam dapat disimpulkan pemberian air hangat efektif dalam menurunkan demam pada anak.

An A : Kompres air hangat
An N : Kompres plester

Jika dilihat hasil penurunan suhu demam dikompres air hangat dan dan kompres plester, kompres air hangat lebih efektif dibanding plester tetapi jika dilihat dari kepraktisan maka kompres plester lebih dapat diandalkan.

Kompresi hangat selain menurunkan suhu tubuh ternyata memberikan sensasi hangat dan rasa nyaman di tubuh.

 

Pustaka:

Rahmawati I dan Purwanto D. 2020. Efektif Perbedaan Kompres Hangat dan Dingin Terhadap Perubahan Suhu Tubuh Pada Anak di RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu

Bintang KM, Mursudanirah, Prajayanti ED. 2018. Penerapan Kompres Air Hangat Dengan Kompres Plester Terhadap Penurunan Suhu Tubuh Anak Demam Usia Pra Sekolah

 

 

.

Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi