Sejarah Farmasi Dan Organisasinya di Indonesia

Sejarah Farmasi di Indonesia

Adanya saat ini adalah proses yang luar biasa dari masalalu. Farmasi merupakan kata serapan dari bahasa Inggris "Pharmacy'. Sedangkan, kata "Pharmacy" sendiri mengakar dari kata "Pharmacon" yang merupakan sebutan bangsa Yunani Kuno untuk "OBAT"

56 KAMPUS PILIHAN AMBIL KULIAH S1 FARMASI + APOTEKER CEKK!!!

Farmasi dapat diartikan sebagai Ilmu yang mempelajari segala seluk-beluk mengenaiobat. Ilmu farmasi dapat diartikan sebagai ilmu terapan dari 3 bidang keilmuan yaitu (Kedokteran, Kimia, dan Biologi). 

Ruang lingkup ilmu Farmasi tak hanya berfokus pada bidang ilmu eksakta, melainkan juga pada bidang ilmu sosial seperti Manajemen farmasi dan Farmaskognosi.

Sesuai regulasi yang diatur pada Peraturan Pemerintah No. 51 tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian, Pekerjaan kefarmasian meliputi pembuatan termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, penyaluran obat, pengelolaan obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat, serta pengembangan obat, bahan obat dan obat Tradisional.

Kewenangan Tenaga Vokasi Farmasi di Indonesia CEKK!!!

Hipprocates 460 SM-370 SM sebagai bapak ilmu kedokteran, pada peradaban itu seorang dokter memiliki banyak tugas tidak hanya mendiagnosa suatu penyakit yang diderita oleh pasien, tetapi ia juga mempersiapkan ramuan tau racikan obat seperti halnya seorang apoteker.

Seiring dengan perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan kesehatan problematika dalam pengadaan obat menjadi semakin rumit, baik karena formulanya dan cara pembuatan obat tersebut. Sehingga pada tahun 1240 SM Raja Jerman Frederick menyadarinya dan memberikan perintah untuk memisahkan dengan resmi antara Kedokteran dan Farmasi. Perintah tersebut kitakenal dengan Dektrit Two Silices.

Tonggak sejarah kefarmasian di Indonesia pada umumnya di awali dengan pendidikan asisten apoteker semasa pemerintahan Hindia Belanda. Pada tanggal 13 Februari 1946 di Yogyakarta dibentuklah suatu Organisasi yang dinamakan "Persatuan Ahli Farmasi Indonesia" sebagai wadah untuk menghimpun Semua Tenaga yang bakti karyanya dibidang Farmasi, selanjutnya kita kenal sebagai "PAFI"

Pengurus PAFI JATIM Periode 2022-2027 Cek!!! 

78 Tahun PAFI berkiprah di Negri ini mngabdi untuk kemajuan Farmasi, Pafi berkomitmen melayani degan hati senantiasa berkolaborasi dengan Organisasi Profesi Kesehatan lain.




Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi