Tips Merawat Hewan Coba (Rodent) Untuk Penelitian Laboratorium

Hewan coba dalam penelitian yang sering digunakan dalam eksperiment laboratorium kebanyakan adalah Tikus dan Mencit. Kedua hewan ini sering digunakan dalam penelitian dibidang farmasi. Perlu diketahui banyak yang bingung antara tikus dan mencit. Dalam menggunakan kedua hewan tersebut yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita mengelola, merawat dan mengupayakan hewan tetap bahagia sebelum kita gunakan untuk hewan percobaan :).

Berikut akan saya kenalkan tentang kedua hewan tersebut agar tidak salah:

TIPS ACC JUDUL PENELITIAN KTI, SKRIPSI CEKK!!!!

1. Mencit

Mencit kalau dilihat ukurannya lebih kecil, bersifat tidak agresif sehingga mudah ditangani tetapi jika mengalami ketakutan akan menggigit.  Mencit mempunyai mata yang besar jika dilihat dari ukurannya, karakter mencit aktif dimalam hari (nocturnal). Mencit hidup secara kelompok dan pejantan bersifat sangat dominan. 

Penempatan mencit jantan dan betina dalam wadah dapat di isi 3-5 ekor mencit betina dan 3 ekor pejantan. Ruangan fasilitas kandang untuk mencit harus memenuhi kebutuhan fisiologis dasar seperti makan, minum buang air kecil, buang air besar.


mencit dokumentasi pribadi 2012

Proses Pemisahan di Kandang Percobaan

Pemberian perlakuan lewat oral dengan sonde






Pustaka:

Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan. 2016. Penggunaan dan Penanganan Hewan Coba Rodensia dalam Penelitian Sesuai dengan Kesejahteraan Hewan.


Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi