50 Contoh Soal UKOM D3 Farmasi

50 Contoh Soal UKOM Diploma Farmasi



1.      Penyimpanan perbekalan farmasi merupakan hal yang terpenting dalam kegiatan di apotek dimana kualitas dan mutu obat harus terjamin dan memberikan kemudahan dalam distribusi obat. Penyimpanan perbekalan farmasi seperti tablet metformin dan glibenclamida disimpan jadi satu kelompok untuk menghindari kesalahan dalam pemberian obat. Apakah metode yang dimaksud?

A.    FEFO

B.      FIFO

C.     Alfabetis

D.    Farmakologi

E.     Golongan obat

 

2.      TTK diminta oleh apoteker untuk membantu membuat laporan penggunaan prekursor. Dalam menyusun laporan penggunaan diambil dari catatan kartu stok obat. TTK melakukan pengecekan kartu stok obat tersebut.  Apa kartu stok obat yang diambil TTK tersebut?

A.    Codein

B.     Tramadol

C.     Alprazolam

D.    Pseudoephedrine

E.     Dekstrometorfan

 

3.      TTK sedang mealukan pelayanan resep di apotek. Resep yang diterima sebagai berikut:

 

 

 

 

 

 

 

 


Pasien bersikeras meminta agar jumlah obatnya ditambah untuk pemakaian 1 bulan. Bagaimana tindakan yang dilakaukan?

A.     Menolak permintaan pasien

B.      Mengkonsultasikan ke apoteker

C.      Melakukan sesuai permintaan pasien

D.     Mengonfirmasi ke dokter penulis resep

E.      Menanyakan perihal alasan atas permintaan pasien

 

4.       TTK di instalasi farmasi di sebuah RS akan menyimpan obat berdasarkan sistem LASA/NORUM. Beberapa obat yang akan di tata adalah sebagai berikut:

Bisoprolol

Propanolol

Furosemid

Nystatin

Iliadin

Dimenhidrinat

Tremenza

Pyrexin

Cefixim

Manakah yang termasuk penggolongan obat tersebut?

A.      Nystatin dan Iliadin

B.      Tremenza dan Dimenhidrinat

C.      Bisoprolol dan Propanolol

D.      Furosemid dan Pyrexin

E.       Propanolo dan Tremenza

 

5.      TTK di Instalasi Farmasi RS melakukan perencanaan Obat Amlodipin 5 mg di tahun 2023. Diketahui bahwa leadtime obat 1 bulan dan safety stok 2000 tablet. Jika pemakain obat di tahun 2022 adalah 18.000 tablet, dan sisa stok 100 tablet. Berapa jumlah tablet yang dibutuhkan untuk persediaan?

A.    21000

B.     22000

C.     21400

D.    22500

E.     23000

 

6.      Pasien datang ke apotek untuk menebus sebuah resep dari dr. Setelah melakukan skrining harga, pasien mengaku tidak membawa uang yang cukup dan hanya ingin menebus obat antibiotik.

 

 

 

 

 

 

 

 


Berapa jumlah obat yang diserahkan ke pasien?

A.    5

B.     10

C.     30

D.    11

E.     20

 

7.      TTK menerima resep obat untuk anak-anak. Obat yang diresepkan adalah paracetamol suppositoria. TTK menjelaskan bahwa obat tersebut harus disimpan pada temperatur 2-8 ° C. Apa temperatur yang dimaksud dalam penyimpanan tersebut?

A.    Beku

B.     Dingin

C.     Hangat

D.    Kamar

E.     Sejuk

CARA MENYIMPAN OBAT YANG BENAR CEKKKK!!!!

8.      Seorang pasien datang ke apotek untuk membeli obat flu dan batuk dalam bentuk kombinasi. Komposisi obat diantaranya paracetamol, dekstrometorfan, gliseril guaikolat, CTM dan pseudoefedrin. Salah satu obat tersebut mempunyai indikasi untuk batuk kering. Apakah obat yang dimaksud?

A.    CTM

B.     Dekstrometorfan

C.     Gliseril guaikolat

D.    Paracetamol

E.     Pseudoefedrin

 

9.      Seorang pasien datang ke apotek melakukan swamedikasi dengan keluhan mata perih dan merah. TTK memberikan obat sediaan tetes mata. TTK memberikan informasi kepada pasien terkait maksimal penggunaan obat tersebut setelah pertama kali dibuka kemasannya. Berapa minggu obat tersebut masih bisa digunakan?

A.    1

B.     2

C.     3

D.    4

E.     5

3 LANGKAH DALAM SKRINING RESEP CEKKK!!! 

10.  Seorang ibu datang ke apotek dengan keluhan anaknya yang berumur 4 tahun tidak bisa tidur karena rasa gatal pada lubang anusnya, pada tinjanya terlihat cacing putih kecil seperti benang. TTK merekomendasikan obat yang dapat menghentikan keluhan anaknya. Apa indikasi obat yang direkomendasikan?

A.  Analgetik

B.  Antipiretik

C.  Antiemetik

D.  Antelmintik

E.   Antipsikotik

 

11.  Salah satu pelayanan kefarmasian di apotek yaitu pelayanan obat dengan menggunakan resep. Apotek harus menyimpan resep yang telah dilayani dalam minimal waktu tertentu sesuai persyaratan. Berapa batas tahun waktu yang dimaksud?

A.    1

B.     2

C.     3

D.    4

E.     5

 

12.  TTK dibagian gudang obat sedang melakukan penerimaan beberapa obat. Apoteker meminta TTK melakukan penyimpanan obat tersebut berdasarkan bentuk sediaan. Salah satu obat akan disimpan di rak sediaan obat cair. Manakah obat yang dimaksud?

A.    Salep 2-4

B.     Metformin tablet

C.     Paracetamol drop

D.    Salbutamol inhaler

E.     Dulcolax sup

 

13.  TTK yang bekerja di Rumah Sakit akan menyimpan formalin yang baru diterima dari PBF. Diketahui bahan tersebut sifatnya beracun sehingga perlu penyimpanan khusus dan dibawah pengawasan apoteker. Bagaimana cara penyimpanan sediaan farmais tersebut?

A.    Disimpan di lemari tertutup kedap

B.     Tertata rapi sesuai dengan sifatnya

C.     Boleh dicampur dengan bahan obat lain

D.    Wajib diberi simbol sesui dengan sifat pada kemasannya

E.     Dapat ditumpuk untuk efisiensi rak penyimpanan

 

14.  Seorang pasien datang ke apotek untuk menebus resep, namun pasien meminta obat yang untuk demamnya dibeli setengahnya saja, sehingga seorang TTK wajib membuatkan salinan resep. Tanda apa yang dituliskan dalam salinan resep tersebut?

A.    Did

B.     Det

C.     Nedet

D.    Iter

E.     Det orig

PERAN TTK DAN APOTEKER DALAM INDUSTRI KOSMETIK HERBAL CEKKK!!!!

15.  TTK melakukan penyimpanan obat yang datang dari distributor. Obat yang datang sebagai berikut:

1.      Disflatyl Tablet

2.      Dumin Suppositoria

3.      Codipront sirup

4.      Panadol tablet

5.      Becombion Tablet

Salah satu obat disimpan pada lemari khusus yang mempunyai satu pintu dengan 2 buah kunci yang berbeda. Nomor berapakah obat yang dimaksud?

A.    1

B.     2

C.     3

D.    4

E.     5

 

16.  TTK melakukan pengecekan stok obat di apotek setiap akhir bulan. Obat yang dilkukan pengecekan yang mengandung zat aktif di bawah ini:

1.      Ergokalsiferol

2.      Ergotamin

3.      Etambutol

4.      Fenobarbital

5.      Fentanil

Salah satu obat tersebut dilakukan pelaporan lebih lanjut karena termasuk golongan prekusor. Nomor berapa obat yang dimaksud?

A.    1

B.     2

C.     3

D.    4

E.     5

 

17.  Pasien datang ke apotek dengan keluhan mual dan muntah dalam perjalanan. TTK merekomendasikan kepada pasienobat yang dapat menghentikan keluhannya. Apa indikasi obat yang direkomendasikan?

A.    Analgetik

B.     Antipiretik

C.     Antiemetik

D.    Antelmintik

E.     Antipsikotik

 

18.  Seorang pasien datang ke apotek setelah beberapa hari sebelumnya menebus resep obat. Pasien mengeluhkan air seninya berubah menjadi kemerahan setelah minum obat. Setelah diperiksa resep obatnya, ternyata pasien diresepkan rifampicin, isoniazid, pirazinamid dan etambutol. Manakah dari obat diatas yang dapat menyebabkan efek samping seperti di atas?

A.    Isoniazid

B.     Rifampisin

C.     Pirazinamid

D.    Etambutol

E.     Streptomisin

 

19.  Seorang TTK melakukan menyiapkan obat dari resep dengan obat Yusimox Dry Syr. Obat tersebut akan diberikan kepada pasien. Apa informasi yang disampaikan oleh TTK tersebut?

A.    Obat diencerkan terlebih dahulu dengan air sampai batas tanda di botol

B.     Obat langsung diminumkan pada pasien

C.     Obat diencerkan setiap mau minum di dalam sendok takarnya

D.    Obat tidak perlu diminum sampai habis

E.     Obat harus disimpan pada suhu dingin

 

20.  Seorang laki-laki berusia 50 tahun, datang ke apotek dengan membawa resep dari dokter spesialis Jantung. Resep tersebut berisi:

R/. Tensicap 25 mg No. XXX

      S 1-0-1 ac

Berapa lama obat tesebut dikonsumsi pasien?

A.    3

B.     5

C.     10

D.    15

E.     20

F.      30

 

21.  Seorang pria berusia 25 tahun mengeluh nyeri di ulu hati, kram perut, mual dan muntah. Setelah pemeriksaan oleh dokter RS didiagnosis mengalami tukak lambung sehingga oleh dokter meresepkan obat yang bekerja sebagai penghambat pompa proton. Apakah obat yang diberikan?

A.    Antasida

B.     Ranitidin

C.     Lanzoprazol

D.    Misoprostol

E.     Simetidin

 

22.  Seorang wanita 45 tahun datang ke apotek sedang mengalami batuk berdahak. Dokter meresepkan obat yang mempunyai fungsi sebagai obat pengencer dahak. Apakah obat yang mempunyai fungsi tersebut?

A.    CTM

B.     Dekstrometorfan

C.     Kodein

D.    Bromheksin

E.     Gliseril Guaikolat

 

23.  Seorang TTK di apotek sedang melakukan kegiatan stock opname. Pada saat melakukan evaluasi sediaan, TTK menemukan obat ibersatan yang ternyata sudah tiga bulan pelaksanaan stock opname secara berturut –turut diketahui jarang digunakan dan dibeli pasien. Obat ibersatan masuk ke dalam kategori pesediaan?

A.    Slow moving

B.     Death stock

C.     Expire date

D.    Fast moving

E.     Stock out

24.    Pasien menyerahkan resep yang diberikan oleh dokter dari ruang perawatan intensive. TTK melakukan skrining resep yang dibawa oleh pasien dan menemukan tulisan P.I.M pada resep tersebut. Kemudian resep dibawa masuk dalam ruang peacikan. Apa arti dari tulisan tersebut?

A.    Dibuat baru

B.     Sangat segera

C.     Beri separuhnya

D.    Berikan bila perlu

E.     Berbahaya bila tunda

 

25.  Seorang pria berusaha 45 tahun sedang menebus resep yang didapat dari dr. TTK yang bertugas mendapat informasi bahwa pasien mengalami gejala nyeri perut bagian atas, perut kembung, mual dan munrah. Pada resep tersebut berisi obat Inpepsa sirup. Bagaimana mekanisme kerja obat tersebut?

A.    Menghambat produksi prostaglandin

B.     Sebagai Pelindung mukosa lambung

C.     Melambatkan gerakan usus

D.    Menghambat sekresi asam lambung

E.     Menetralkan asam lambung

 

26.  Seorang TTK bertugas di Gudang Farmasi rumah sakit menerima sediaan farmasi dari pedagang besar farmasi. Apoteker mengelompokkan berdasarkan tempat penyimpanan dan dibagi menjadi 5 kelompok serta menginstruksikan untuk menyimpan sesuai kelompoknya.

1

2

3

4

5

Na diklofenak 50mg

Amoxicilin 500 mg

Morfin Injeksi

Infuset

KCL 7,46%

Asam mefenamat 500 mg

Clarithromycin 500 mg

Petidin Injeksi

Spuit 10 ml

NaCl 3%

Ketoprofen 50 mg

Levofloxacin 500 mg

Kodein Tablet 10 mg

Kasa steril

Dextrose 40%

 

Di Rak manakah TTK harus menyimpan sediaan kelompok 5 tersebut?

A.    ALKES

B.     Antibiotika

C.     High Alert

D.    Obat Narkotika

E.     Obat NSAID

 

27.  Pasien datang ke apotekdenga R/. Lantus Solostar Pen No I Pasien baru pertama kali menerima obat dalam resep tersebut, oleh dokter yang merawatnya dijelaskan bahwa pasien butuh jarum tambahan untuk menyuntikkan obatnya. Apakah nama ALKES yang dimaksud?

A.    Wing needle

B.     Spinal Needle

C.     Dental Needle

D.    Insulin Needle

E.     Hipodermik Needle

 

28.  Saat stok opname di Instalasi Farmasi diketahui persediaan fentanyl patch tinggal 10 lembar karena sedang banyak digunakan untuk perawatan pasca operasi. TTK ditugaskan menyiapkan surat pesanan untuk pengadaan. Apakah jenis surat pesanan tersebut?

A.    Umum

B.     ALKES

C.     Prekusor

D.    Narkotika

E.     Psikotropika

 

29.  TTK menerima Copy resep obat Amlodipin 10 mg sebanyak 30 tablet. Pada copy resep tertulis keterangan Iter 3x dan Det. Orig. Pasien ingin menanyakan jumlah obat yang bisa ditebus secara keseluruhan. Berapakah jumlah obat yang bisa diterima pasien?

A.    10 tablet

B.     30 tablet

C.     60 tablet

D.    90 tablet

E.     Tidak bisa ditebus lagi

 

30.  Seorang pasien datang ke apotek dan menanyakan kepada TTK terkait obat tradisional yang dapat meringankan sakit diare dalam bentuk sediaan tablet. Stok obat tradisional yang terdapat di apotek terdiri dari.

No.

Nama Merk

Kandungan

1

Stimuno

Herbal meniran

2

Tensigard

Ekstrak seledri dan kumis kucing

3

Diapet

Ekstrak daun jambu biji dana kunir

4

Rheumaneer

Rimpang jahe, kunyit, temulawak, temu kunci, cabe jawa

5

Mastin

Ekstrak kulit manggis

Apakah obat tradisional yang cocok untuk pasien tersebut?

A.    Diapet

B.     Mastin

C.     Stimuno

D.    Tensigard

E.     Rheumaneer

 

31.  Pasien datang ke apotek dan mengeluh sakit kepala dan mengatakan bahwa tekanan darahnya mencapai 160 mmHg. Pasien ingin membeli sediaan obat tradisional yang dapat meringankan gejala tersebut. Apakah sediaan obat tradisional yang dapat direkomendasikan kepada pasien?

A.  Redacid

B.  Lipidcare

C.  Tensigard

D.  Trombufit

E.   Glucogar

32.  Tim Faramsi dan Terapi rumah sakit sedang melakukan koordinasi terkait masalah pengusulan daftar obat yang masuk dalam daftar obat formularium RS. Berikut daftar obat yang masuk dalam formularium obat RS.

No

Nama Obat

1

Low molecular weight heparin

2

Oseltamivir tablet

3

Fentanyl Transdermal Patch 12,5 Mcg; 25 mcg

4

Celecoxib kapsul 100 mg, 200 mg

5

Probenesid tablet 500 mg

Apakah kategori kelas terapi no 2 dalam daftar obat di atas?

A.    Anti virus

B.     Anti diabetes

C.     Anti koagulan

D.    Anti hipertensi

E.     Anti kolesterol

 

33.  Seorang wanita 55 tahun akan menebus resep dari dr sepesialis jantung. Pada resep tersebut terdapat beberapa obat yaitu: aspirin, captopril, Isosorbid dinitrat dan Vitamin B-kompleks. Dari informasi yang didapat pasien menderita hipertensi dan tidak ada alergi obat. Obat apakah yang mempunyai indikasi mengatasi hipertensi?

A.    Vitamin B12

B.     Captopril

C.     Isosorbid dinitrat

D.    B Kompleks

E.     Aspirin

 

34.  Laki-laki berusia 45 tahun datang ke apotek dan menyerahkan resep. TTK yang bertugas memeriksa isi dari resep tersebut dimana berisi obat paracetamol, antasida, sukralfat dan domperidone suspensi. Apakah indikasi dari obat tersebut?

A.    Menetralkan asam lambung

B.     Menghilangkan nyeri

C.     Stimulan motilitas

D.    Menghambat sekresi asam lambung

E.     Melindungi mukosa lambung

35.  Seorang ibu membawa anaknya ke dokter dengan keluhan diare. Dokter meesepkan kotrimoksazol bervolume 60 ml, dengan signa 2dd 1 cth. Berapa lamakah pasien meminum obat tesebut?

A.    4 hari

B.     5 hari

C.     6 hari

D.    7 hari

E.     8 hari

 

36.  Seorang bapak datang ke apotek ingin menebus resep yang berisi bisacodil suppositoria sebanyak 3 buah. TTK yang sedang bertugas memberikan informasi terkait obat tersebut. Informasi apa yang disampaikan terkait khasiat obat tersebut?

A.    Laksansia

B.     Antidiare

C.     Antasida

D.    Analgesik

E.     Antihistamin

37.  Codein merupakan salah satu obat golongan narkotika yang dapat digunakan sebagai antitusif. Pemerintah mengatur dan mengawasi penggunaan obat-obat narkotika untuk mencegah penyalahgunaan. Bagaimana pelaporan penggunaan obat tersebut?

A.    1 bulan sekali

B.     2 bulan sekali

C.     3 bulan sekali

D.    6 bulan sekali

E.     12 bulan sekali

 

38.  Seorang pasien datang ke apotek dengan membawa resep untuk Tuan A. (45 Tahun)

Iter 3 x

R/. Simvastatin 10 mg No. VII

S1 dd 0 nocte 1 tab

Berapa kali pasien dapat menebus resep tersebut?

A.    1

B.     2

C.     3

D.    4

E.     5

 

39.  Seorang kakek datang ke apotek mengeluhkan ketidak nyamanan karena setiap malam harus terbangun beberapa kali karena keinginan buang air kecil. Hal ini terjadi karena kakek mengunakan obat furosemide, digoxin dan ISDN. Apakah yang menyebabkan keluhan kakek tersebut?

A.    Efek samping ISDN

B.     Efek samping digoxin

C.     Efek samping Furosemide

D.    Interaksi digoxin dengan ISDN

E.     Interaksi furosemid dengan digoxin

 

40.  Seorang TTK di intalasi farmasi sedang melakukan KIE kepada pasien tentang aturan dan cara minum obat DM. Salahsatu antidiabetik oral yang diberikan informasi adalah acarbose. Bagaimanakah teknik informasi yang perlu tersampaikan untuk pasien DM tersebut ?

A.    Obat dikonsumsi 30 menit sebelum makan

B.     Obat dikonsumsi sesudah makan

C.     Obat dikonsumsi segera setelah makan

D.    Obat dikonsumsi bersamaan saat makan pada suapan pertama

E.     Obat dikonsumsi 1 jam sesudah makan

 

41.  Petugas TTK yang bekerja di Instalasi farmasi RS diminta untuk melakukan pemesanan obat untuk memenuhi kebutuhan pasien di bawah supervisi apoteker. Perusahaan sangat memberikan kepercayaan kepada pemasok, sehinggga pemasok mengirimkan pemesanaan dikarenakan persediaan di Instalasi farmasi RS hampir atau sudah habis terhadap obat yang dibutuhkan saja. Metode perencanaan apakah yang tepat untuk kasus tersebut?

A.    Metode pareto/ABC

B.     Metode morbiditas

C.     Metode kombinasi

D.    Metode just in time

E.     Metode VEN

 

 

42.  Seorang pasien mengalami gejala perih di lambung karena maag. Ia datang ke apotek meminta saran obat yang sesuai ke TTK yang bertugas. Ia bercerita pernah meminum antasida untuk mengatasi keluhannya, tetapi ia mengaku mengalami diare. Apakah kandungan antasida yang menyebabkan efek tersebut?

A.    Aluminium hidroksida

B.     Magnesium trisiklat

C.     Natrium Karbonat

D.    Kalsium karbonat

E.     Magnesium hidroksida

 

38.  Seorang pasien datang ke apotek dengan membawa resep bertuliskan Dulcolax, ia memperoleh informasi dari TTK yang bertugas tentang cara penyimpanan sediaan. Apa informasi yang tepatmengenai obat tersebut?

A.    Disimpan pada suhu terkendali

B.     Disimpan pada wadah tertutup kedap

C.     Disimpan pada suhu kamar

D.    Disimpan pada lemari pendingin

E.     Disimpan pada suhu 1 derajat

 

39.  Seorang pasien datang ke Apotek membawa salinan resep dan ingin menebus obatya Iter 3x

R/ Amlodipine 5 mg      No.XXX

S.1.dd.o.nocte 1 tab __det orig

Sisa berapa kali pasien dapat menebus resep nya?

A.    2

B.     3

C.     4

D.    5

E.     6

 

40.  Pasien datang membawa resep anaknya yang berumur 5 tahun sebagai berikut :

R/ Tremenza Syrup       fl.I

            S.t.dd.cth I

R/ Sanmol Syrup           fl.I

S.s.dd.cth I

Dengan ketentuan embalase non racik Rp.2.000,00.

HJA dari Trmenza® syrup Rp. 26.800,00 dan Sanmol® syrup Rp 68.000,00.

Berapa rupiah biaya yang harus dibayar pasien tersebut?

A.    90.000,00

B.     91.500,00

C.     93.600,00

D.    95.500,00

E.     98.800,00

 

41.  Seorang TTK menerima sebuah resep yang dibawa seorang ibu untuk anaknya yang berumur 10 tahun.

R/  GG 

Tab. 1/2

Tremenza Tab. ½

CTM  Tab. ¼

m.f.pulv.dtd.No.XII

S.t.dd.I.pc

Berapa tablet tremenza yang  diambil untuk diracik?

A.    3

B.     4

C.     5

D.    6

E.     7

 

42.  Pasien 50 tahun datang ke apotek ingin menebus resep dari dokter THT yang berisi Chloramphenicol. Pasien tersebut ternyata seseorang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ia bertanya kepada TTK tentang tulisan pada resep sebagai berikut :

S t dd gtt 1 a.d.s

Bagaimana aturan pakai pada etiket obat yang tepat untuk pasien tersebut ?

A.    3 x sehari 1 tetes pada mulut

B.     3 x sehari 1 tetes pada mata kanan dan kiri

C.     3 x sehari 1 tetes pada kedua lubang hidung

D.    3 x sehari 1 tetes pada telinga kanan dan kiri

E.     3 x sehari 1 tetes pada satu gelas air untuk diminum

 

43.  Seorang wanita datang ke apotek dengan keluhan mengalami batuk berdahak. Seorang TTK menyarankan obat batuk yang berisi guaifenesin, succus liquiritiae, ephedrine, dan chlorpheniramine.  Dalam kemasannya tertanda lingkaran biru dan terdapat peringatan. Apakah tanda peringatan yang terdapat pada kemasan obat tersebut?

A.    P No. 1

B.     P No. 2

C.      P No. 3

D.    P No. 4

E.     P No 5

 

44.  Seorang pasien 65 tahun nyeri dada sejak 2 hari yang lalu, pasien kemudian berobat ke poli penyakit jantung dan mendapatkan resep berupa ISDN tablet subligual Informasi apa yang harus disampaikan tentang pemakaian obat tersebut?

A. Obat dikunyah

B. Obat diminum setelah makan

C. Obat diminum sebelum makan

D. Obat diletakkan di bawah lidah

E. Obat diminum bersamaan dengan obat lain

 

45.  Seorang Ibu hamil berusia 30 tahun  datang ke apotek, bermaksud   membelikan obat untuk mengatasi gatal gatal pada kulitnya. Apakah terapi yang dapat disarankan untuk ibu tersebut?

A.    Siproheptadin HCl

B.     Terfenadin

C.     Dextametason

D.    Chlorpheniramin Maleat

E.     Desloratadin

 

46.  Seorang TTK di instalasi farmasi diberi tugas untuk mengelola sejumlah sediaan parenteral, diantaranya injeksi dobutamin dan dopamine. Sesuai pedoman keselamatan pasien di rumah sakit, ia perlu memastikan agar tidak terjadi kesalahan pengambilan obat saat jam pelayanan.Apakah langkah yang dapat dilakukan dalam kasus tersebut?

A.    Menyimpan obat pada wadah khusus sediaan parenteral

B.     Memberi label LASA pada sediaan

C.     Memberi label B3 pada sediaan

D.    Menyimpan obat pada suhu terkendali

E.     Menyimpan sediaan di ruang ICU

 

47.  Seorang Seorang tenaga teknis kefarmasian melakukan penyiapan obat Amoxicillin dengan aturan pemakaian 3 kali sehari tiap jam 06.00 (pagi hari); 14.00 (siang hari); serta 22.00 (malam hari) obat tersebut akan diserahkan oleh perawat ruangan sesuai dengan obat yang diserahkan oleh TTK tersebut. Apakah jenis metode distribusi yang tepat pada soal kasus di atas ?

A. Peresepan individual

B. Total floor stock

C. One daily dose

D. Unite Dose Dispensing (UDD)

E. Kombinasi Peresepan individual dengan total floor stok

 

48.  Seorang pasien datang ke rumah sakit untuk periksa ke instalasi rawat jalan. Setelah mendapat resep pasien datang ke instalasi farmasi untuk menebus resep. Petugas TTK di bawah supervisi apoteker melayani pasien dengan meracikkan obat sesuai resep dokter. kemudian menyerahklan obat langsung kepada pasien tersebut. Apakah jenis sistem distribusi yang digunakan pada kasus tersebut?

A.       Total floor stok

B.       Unit dose dispensing (UDD)

C.       Sentralisasi

D.       Desentralisasi

E.         Individual prescription

 

49.  Seorang ibu berusia 35 tahun datang ke apotek dengan keluhan demam dan sakit kepala yang dialaminya,TTK yang bertugas memberikan ibuprofen 200 mg untuk pengobatan sendiri. Obat tersebut termasuk golongan obat apa?

A.    Bebas terbatas

B.     Keras

C.     Psikotropika

D.    Antibiotika

E.     Narkotika

 

50.  Seorang ibu berusia 35 tahun datang ke apotek dengan keluhan demam dan sakit kepala yang dialaminya,TTK yang bertugas memberikan ibuprofen 400 mg untuk pengobatan sendiri. Obat tersebut termasuk golongan obat apa?

A.    Bebas terbatas

B.     Keras

C.     Psikotropika

D.    Antibiotika

E.     Narkotika

 Semoga 50 soal di atas sebagai gambaran soal  kompetensi mahasiswa Diploma Farmasi

Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi