Tips Memilih Moisturizer Berdasarkan Mekanisme Kerja

Tips Memilih Moisturizer Berdasarkan Mekanisme Kerja

Moisturizer atau disebut pelembab kulit, saat ini digunakan sehari-hari sebagai pelengkap kosmetik agar kulit tetap lembab, tidak kering dan bersisik. Pelembab digunakan untuk mencegah gatal, memperkuat perlindungan kulit, mencegah timbulnya Dermatitis Atopik.

Kulit kering masih menjadi permasalahan setiap individu, ciri-ciri kulit kerig diantaranya; kulit terasa kering, kusam, lebih sensitif, bersisik, lekas berkerut dan pori-pori terlihat halus. Beberapa faktor penyebab kulit kering seperti, faktor genetik, lingkungan, kondisi struktur kulit, penyakit kulit, pola makan dan pengaruh obat-obatan.

3 Prinsip mekanisme kerja dari moisturizer

1. Emolien

Mekanisme kerja dengan mengisi celah sel kulit sehingga terjadi melembabkan, melembutkan, menurunkan sensasi gatal dan fleksibilitas kulit. Emolien dapat digunakan rutin sehari-hari terutama untuk kulit kering dan kasar. Formulasi emolien berupa asam lemak, kolagen, asam laurat, asam linoleat, Glyseril stearat, asam stearat, Isopropyl palmitate
 
2. Humektan
 
Mekanisme kerja dengan menarik air dari lapisan epidermis kulit dan ditahan. Kemampuan humektan untuk menyerap dapat dilakukan jika kelembapan lingkungan sekitar 80%. Bahan yang efektif sebagai humektan adalah Glycerol. Beberapa bahan yang digunakan sebagai humektan seperti madu, sorbitol, gliserin, propylen glicol, asam karboksilat.


3. Oklusif

Mekanisme kerjanya adalah membentuk lapisan hydrophobic pada kulit sehingga, menahan penguapan pada permukaan kulit. Oklusif bekerja dengan baik saat digunkan pada kulit yang memang sudah lembab. Petrolatum adalah pelembab oklusif yang paling efektif dapat mengurangi kekeringan kulit sekitar 98% dan lebih efektif dibanding minyak zaitun. Bahan lain yang biasanya ditambahkan dalam formula Oklusif seperti lanolin, mineral oil, dimetihicon. Untuk kefektifan menahan penguapan air pada kulit hanya 20-30%.

 
Formulasi Berbagai Pelembab
 


Pustaka:
Nadeak BY, Birawan IM. 2022. The Selection Of Moisturizer For Treatmen Of Atopic Dermatitis. Al-Iqra Medical Journal: Jurnal Berkala Kedokteran. Hal 30-39
 
Butarbutar MET, Chaerunisaa AY. 2020. Peran Pelembab dalam Mengatasi Kulit Kering. Majalah Farmasetika. Hal 56-59





Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi