YUKKK KENAL LEBIH DEKAT TENTANG KOSMETIK

YUKKK KENAL LEBIH DEKAT TENTANG KOSMETIK

Saat ini kosmetik merupakan kebutuhan pokok kedua dibanding makanan 😁. Berbagai macam merk, jenis, penggunaan dll. YUKK Kenali kosmetik lebih lanjut.

Kosmetik dibuat dengan tujuan membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan, mengurangi bau badan, melindungi tubuh dan memelihara tubuh selalu dalam kondisi baik. 

Perkembangan Maklon Kosmetik di Indoensia Cekk!!!

Begitu juga kategori kosmetik bisa dibedakan meliputi; sediaan bayi, sediaan mandi, sediaan pemeliharaan dan perawatan kesehatan, sediaan untuk bercukur, sediaan wangi-wangian, sediaan untuk perawatan rambut, sediaan rias mata, sediaan rias wajah, sediaan pewarna kulit, sediaan tabir surya, sediaan untuk pemeliharaan kuku, sediaan higiene mulut dan sediaan perawatan kulit. 
waowwww 😏 banyak ya ternyata..... 

Beberapa persyaratan sediaan kosmetik yang harus dipenuhi:
1. Menggunakan bahan yang memenuhi standar dan persyaratan mutu serta persyaratan lain
2. Diproduksi dengan memaka pedoman CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik Yang Baik)
3. Terdaftar dan mendapat izin edar BPOM 
4. Memenuhi syarat mutu memenuhi spesifikasi, identitas dan karakteristik yang  diharapkan
5. Produk aman artinya tidak mengandung bahan-bahan yang dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan manusia

Jadi jika ditawari produk yang instan,, dengan perijinan g jelas harus diwaspadai.. jangan sampai harusnya memutihkan malah melepuhkan 😅💀 ada beberapa jenis kosmetik yang sering menimbuklan efek samping seperti;
a. kosmetik untuk rambut
b. kosmetik untuk pemeliharaan kulit
c. kosmetik rias mata
d. deodoran
e. rias wajah

Faktor yang menimbulkan efek samping diantaranya; faktor penggunaan bahan kimia --> efek ph pada kulit, faktor fisika, dan faktor manusianya sendiri 👧🙈

Kira-kira kalau faktor manusia seperti cara pakai yang salah, memakai kosmetik dalam waktu yang lama, gonta ganti sediaan kosmetik, tidak melihat faktor usia 😆 kata tetangganya bagus ternayata tidak sama jenis kulitnya, dan faktor alergi.


Mohon diperhatikan berikut bahan-bahan yang berdampak negatif di formula kosmetik seeprti; Merkuri, Hidrokinon, Asam retinoat/ retionic acid/ Tretinoin, Bahan pewarna (Rhodamin B), Diethylen Glicol. Jadi perlu perhatian khusus jika di dalam formula kosmetik terdapat bahan-bahan tersebut.




Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi