ANTARA MELOXICAM, PIROXICAM KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Piroxicam

Piroksikam merupakan golongan obat AINS yang memiliki struktur oksikam. Absorbsi berlangsung cepat dilambung. 99% terikat dengan protein plasma, kadar mantap dicapai sekitar 7-10 hari dan kadar plasma kira-kira sama dengan kadar dalam cairan sinovial. waktu paruhnya adalah 45 jam sehingga dapat diberikan 1 kali sehari. Pirokxicam mempunyai efek samping gangguan saluran cerna, pusing, nyeri kepala, eritema kulit. Tidak dianjurkan terhadap pasien yang mempunyai riwayat ulkus peptikum, wanita hamil dan yang sedang minum antikoagulan.

PENTINGNYA MENGETAHUI ATURAN MINUM OBAT CEKKKK!!!!

Indikasi: berguna hanya pada penggunaan mengobati inflamasi sendi, seperti rematoid artritis, osteoartritis, dan spondilitis ankilosa.

skema mekanisme kerja ains terbaru

Meloxicam

Karakter kusus dari obat ini memiliki selektivitas terhadap COX-2 lebih besar dibanding COX-1, akan tetapi sifat selektivitas terhadap COX-2 tersebut tidak sebesar obat golongan coxib. Sifat tersebut yang menjadi dasar penyebutan meloxicam sebagai prefferable COX-2 selective. Sifat tersebut hanya tampak pada pemberian meloksikam dosis rendah sekitar 7,5 mg. Sifat tersebut juga menyebabkan meloxicam memiliki efek samping terhadap gastrointestinal yang lebih ringan dibanding piroksikam, naproksen, ataupun dikolofenak.

3 KOMBINASI AMPUH OBAT ASAM URAT CEKKK!!!!

Indikasi: rematoid arthritis, osteoarthritis

Pustaka:

d'arqom dkk. 2022. Buku Ajar Farmakologi dan Terapan. Airlangga University Press.

Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi