Pelatihan Penguji OSCE Apoteker Indonesia

Panitia nasional Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Apoteker Indonesia (UKMPPAI) telah mengadakan pelatihan penguji OSCE. Pelatihan tersebut diadakan di Surabaya pada tanggal 24-25 Juni 2024. Pelatihan dilaksanakan di Kampus Universitas Airlangga (UNAIR), Gedung Nanizar Zaman Joenoes Kampus C unair. Jl. Mulyorejo, Mulyorejo, Surabaya.

Kenang-kenangan di acara pelatihan Penguji OSCE :)

Peserta yang mengikuti pelatihan ini diikuti kurang lebih 78 peserta, dari berbagai Perguruan Tinggi Farmasi baik Negri ataupun swasta di Seluruh Indonesia. Pelatihan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dosen calon penguji OSCE, sehingga saat menilai mahasiswa bisa dipertanggungjawabkan dan menilai secara objektif.

MATERI OSCE BAGIAN INDUSTRI FARAMSI CEKK"""

Saat ini hasil OSCE apoteker belum digunakan untuk kelulusan mahasiswa, sehingga kelulusan mahasiswa masih terpatok pada nilai ujian CBT dan dengan nilai Indek Prestasi mahasiswa, tetapi pada tahun-tahun kedepan jika sudah memungkinkan untuk meningkatkan mutu skill praktek mahasiswa maka hasil nilai OSCE sebagai syarat kelulusan mahasiswa memperoleh gelar apoteker.

MATERI OSCE BAGIAN DISTRIBUSI OBAT CEKK!!!!

Uji kompetensi dengan metode OSCE secara prinsip digunakan untuk menilai kemampuan calon lulusan dalam aspek psikomotor dan afektif. Standardisasi penguasaan kompetensi dari ketiga aspek kognitif, psikomotor, dan afektif sangat penting untuk meminimalkan variasi penguasaan ketrampilan lulusan pendidikan apoteker. Pelaksanaan uji kompetensi dengan metode OSCE memerlukan pengembangan infrastruktur, aplikasi, standarisasi penguji serta pelatih pemeran.

Foto Bersama Peserta Pelatihan Penguji OSCE

Penguji merupakan salah satu faktor penting dalam pelaksanaan uji kompetensi dengan metode OSCE dalam pemenuhan kebutuhan penguji agar kompetensi metode OSCE dapat dilaksanakan dengan baik dan benar. Tujuan yang diharapkan pada kegiatan ini adalah mendapatkan penguji pada uji kompetensi dengan metode OSCE dapat dilaksanakan dengan baik dan benar. Luaran yang diharapkan adalah tersedia dan tercukupinya kebutuhan penguji OSCE pada pelaksaan UKMPPAI dengan metode OSCE di tingkat Institusi.


Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi