Sejarah dan Jenis-Jenis Farmakope

 Sejarah dan Jenis-Jenis Farmakope

Kalau kita melihat gambar di atas kita bisa simpulkan perjalanan Farmakope Indonesia terus update mulai Farmakope Indonesia Ed I-VI. Farmakope yang biasanya dipakai oleh mahasiswa Farmasi adalah mulai Farmakope edisi ketiga.

Melihat sejarah Farmakope Indonesia edisi 1 merupakan farmakope nasional yang diterbitkan pada tahun 1962, kemudian dilanjut pada tahun 1972 diterbitkanlah Farmakope Indonesia Edisi II, untuk melengkapi keterbaruaan Farmakope maka dibentuklah panitia penyusun untuk membentuk Farmakope Indonesia Ed 3. Farmakope Indonesia ed IV dibentuk pada tahun 1995. 

Sesuai dengan amanat undang-undang tahun 2009 tentang kesehatan pada Pasal 105 " Sediaan Farmasi yang berupa obat dan bahan baku obat harus memenuhi sayarat Farmakope Indonesia atau buku standar lainnya, untuk itu di update keterbaruannya tahun 2014 terbitlah Farmakope Ed V. Perkembangan jenis dan sediaan obat yang beredar di Indonesia serta perkembangan standar mutu agar terharmonisasi dengan standar Internasional mendorong untuk menyusun Farmakope Indonesia Edisi VI.

Farmakope Indonesia Edisi VI ditetapkan sebagai standar mutu obat di Indonesia oleh menteri Kesehatan RI melalui Keputusan Menteri Kesehatan RI ini.

EVALUASI MUTU TABLET BERDASARKAN PERBEDAAN FARMAKOPE III, IV, V, VI

USP (United States Pharmacopeia)

Adalah Farmakope untuk Amerika Serikat, yang dipublikasikan setiap tahun sekali oleh USP Convention, sebuah organisasi yang memiliki merek dan hak cipta. USP dipublikasikan dalam volume terpadu dalam bentuk USP-NF. Obat-obat yang termasuk dalam standar USP meliputi obat manusia (resep, obat bebas, atau lainnya), dan obat-obat untuk hewan.

Obat-obat yang tidak memenuhi isi standar USP-NF bisa dikatakan obat palsu, sehingga USP-NF sebagai parameter mutu keaslian sebuah produk obat. USP tidak memiliki hak dalam pengawasan dalam pelaksanaan setandar produk, yang bertanggung jawab adalah FDA dan otoritas pemerintah lainnya baik AS maupun negara lain. Indonesia yang bertanggung jawab dalam menegakkana dan pengawasan mutu obat adalah BPOM

Untuk informasi lebih lengkap tentang USP-NF bisa langsung berkunjung ke https://www.usp.org/




Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi