Alih Informasi Prodi D3 Farmasi dan D3 Anafarma IIK Bhakta


Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh semua mahasiswa Prodi D3 Farmasi dan D3 Anafarma Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri. Mahasiswa D3 Farmasi merupakan calon tenaga vocasi farmasi yang akan terjun ke dunia kerja yaitu dunia pekerjaan kefarmasiaan baik dalam bidang industri, klinis maupun pemerintahan. Pekerjaan kefarmasiaan adalah pembuatan termasuk pengendalian mutu Sediaan Farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan dan pendistribusian atau penyaluran obat, pengelolaan obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat, serta pengembangan obat, bahan obat dan obat tradisional

Tujuan dari Pelaksanaan PKL pada Mahasiswa D3 Farmasi dan D3 Anafarma yaitu membekali mahasiswa untuk siap dalam menghadapi dunia kerja sebagai tenaga teknis kefarmasian. Mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja yang sesuai dan relevan sehingga yang bersangkutan memiliki pengetahunan, sikap dan ketrampilan yang memadai dibidang kefarmasian. Kegiatan PKL ini juga berfungsi sebagai wahan pelatihan kerja diluar kampus.

Kegiatan PKL yang merupakan kegiatan kurikuler pada kurikulum Diploma farmasi memiliki bobot 6 SKS dan dilaksanakan di rumah sakit dan Apotik. Pelasanaan PKL selama 3 bulan yang terbagi menjadi 1 bulan di rumah sakit secara luring dan 3 minggu di Apotek secara daring. D3 Anafarma memiliki bobot 6 SKS dan dilaksanakan di tiga tempat, yaitu UPT Materia Medica Batu, Baristand Surabaya, dan PT. PIM Pharmacuticals. Pelasanaan PKL selama 3 bulan yang terbagi menjadi 1 bulan di UPT Materia Medica Batu dan 1 bulan di Baristand Surabaya secara luring dan 1 bulan di PT. PIM Pharmacuticals secara daring. Semua Pembelajara dan pengalaman yang didapatkan di lahan PKL akan memberikan pengetahuan yang berguna umtuk mahasiswa sendiri maupun untuk bahan evaluasi institusi. untuk itu diperlukan kegianan alih informasi ini sebagai kegiatan sharing pengalaman yang mereka dapatkan ditempat PKL masing-masing dan sebagai tahap akhir evaluasi pelasanaan PKL.

Tujuan kegiatan ini adalah: 

Memberikan pengetahuan dan informasi kepada mahasiswa D3 Farmasi dan D3 Anafarma di Fakultas Farmasi IIK Bhakti Wiyata Kediri sebagai bekal dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja sebagai Tenaga Vocasi Farmasi (TVF)


               WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan ini akan diselenggrakan pada :

Hari/Tanggal               :           Sabtu / 07 September 2024

Waktu                         :           08.00 – 12.00

Tempat                        :           Graha Lt. 4 IIK Bhakti Wiyata Kediri 



Foto Bersama Narasumber Praktisi Industri




Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi