E-Purchasing Untuk Obat Prolanis

PROLANIS adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan peserta, fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Apa sih tujuan program PROLANIS???

BPJS Kesehatan membuat program ini untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama memiliki hasil "baik" pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya  komplikasi penyakit.

Sasaran untuk program PROLANIS adalah seluruh Peserta BPJS Kesehatan penyandang penyakit kronis (Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi). Aktivitas dalam program ini meliputi : konsultasi medis termasuk edukasi didalamnya, Home Visit, reminder, aktifitas klub dan pemantauan status kesehatan. Program PROLANIS merupakan tanggung jawab penuh oleh Kantor Cabang BPJS Kesehatan bagian Manajemen Pelayanan Primer.

Bagaimana Peran Apoteker Dalam Pengadaan Obat-Obat PROLANIS???


Apoteker di Fasilitas Kesehatan baik yang bekerja di apotek, klinik dan RS (Rumah Sakit) bertanggung jawab terutama terhadap ketersediaan obat untuk Program PROLANIS. Apa saja yang perlu dipahami sebelum order obat untuk pengadaan obat PROLANIS??. Berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan:

1. Masuk di web e-Monev Obat



Silahkan membuat akun e-monev kesehatan untuk bisa akses web tersebut, dengan cara pilih menu Regristrasi pada dasboard web e-monev kesehatan pada menu login.


Baca yang teliliti pada tulisan KETERANGAN, silahkan penuhi sesuai syarat yang dimaksut. Data-data yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:
1. email instansi yang didaftarkan aktif
2. Buat surat pernyataan keaslian data, form bisa di download
3. NPWP Instansi, data pimpinan

Jika setelah menginput data maka didapatkanlah User ID dan Password, jika mengalami kendala saat regristrasi bisa menghubungi Dinkes Kota atau Kabupaten tempat instansi anda berdiri.


3. Bikin Pengajuan akun e-purchasing

Agar anda dapat masuk ke web lpse.lkpp.go.id/eproc4/ (LKPP= Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah). Wajib pengajuan pembuatan e-purchasing terlebih dahulu dimana? ya lewat e-monev 😁 pusinggg ya,,,,,!!!! tenang tenang semangat.

Masuk e-monev --> menu Profil --> Pengajuan akses Purchasing
Masuk Dasboard Regristrasi akun  Pejabat Pengadan (PP) dan Pejabat Pembuat Komitmen --> silahkan isi data-data yang diminta ajukan, proses nunggu balasan. User ID dan Pasword Akun PP dan Akun PPK nanti akan diinformasikan lewat email, yang terdaftar pada saat regristrasi.

Jika instansi anda sudah mempunyai akun e-monev dan ada pembaruan data misal apoter penanggung jawabnya atau pejabat pengadaan nya ganti maka ajukan perubahan ulang, dengan mempersiapkan dan mengisi data-data yang diubah.


4. Masuk LPSE-LKPP

Ketika akun PP (Pejabat Pengadaan) PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) sudah didapat langsung  Lets Goo... 😎

Dasbord web lpse.lkpp.go.id


Pilih yang Non Penyedia

Masukkan User ID Berdasarkan yg di dapat dari e-monev

input pasword dan kode yang disarankan pada web

Tampilan Dashboard Akun PP setelah login

Langkah selanjutnya klik aplikasi e-Procurement Lainnya --> kemudian akan banyak muncul menu-menu seperti Toko Daring, Sikap Cari Pelaku Usaha, LPSE Support, E-Purchasing v.5, Arsip e-katalog. Kira-kira untuk masuk pemesanan obat pilih mana??.... krik.... krik.... krikk  betul pilih E-Purchasing









Pustaka:
BPJS Kesehatan.2014. Panduan Panduan Praktis Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) 


Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi