RKO OBAT YANG BAIK DAN BENAR MENURUT AHLINYA

Penyusunan RKO yang Baik dan Benar

Dalam rangka meningkatkan terwujudnya ketersediaan obat dan vaksin di fasilitas kesehatan di Kota Kediri. Terkhusus Pemerintah Kota Kediri Dinas Kesehatan mengadakan acara pembinaan RKO. Acara pembinaan dilaksanakan pada tanggal 11 September 2024, bertempat di Hotel Lotus Kediri. Undangan terdiri dari 7 apotek, 13 Rumah Sakit dan 9 Klinik Pratama terutama yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Acara evaluasi diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjut dengan Mars Hidup sehat, dan sambutan-sambutan. 

E-PURCHASING UNTUK OBAT PROLANIS CEK!!!!

Dinas Kesehatan Kota Kediri menggandeng Narasumber yang luar biasa apoteker senior Kota Kediri yaitu: ibu Apoteker Dhien Junningtyas Styowati. Beliau menyampaikan materi terkait metode pengadaan dengan metode Analisa ABC-VEN sesuai template RKO (Rencana Kebutuhan Obat) tahun 2025.

Proses Penyampaian Materi

Peserta yang hadir antusias mengikuti acara dengan kondusif. Undang-undang Kesehatan No 17 Tahun 2023 menyebutkan Obat dan perbekalan kesehatan merupakan undur yang sangat penting dan tidak tergantikan dalam penyelenggaraan kesehatan.

Perencanaan yang ideal adalah jika terjadi keseimbangan antara supply dan demand yang seimbang. Permasalahan selama ini diantaranya: Perencanaan belum sempurna, masih adanya order besar tapi penyerapan/pengaplikasian yang rendah sehingga potensi ED (obat) yang tinggi, kapasitas produksi terbatas untuk pemenuhan obat yang bersamaan.





Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi